Jakarta (ANTARA) - TransJakarta beroperasi mulai dinihari dari Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, untuk mengantisipasi lonjakan arus balik yang tiba di terminal tersebut.

"Ya memang kalau untuk pagi hari, dini hari, bahkan malam di sini ada angkutan lanjutan dalam kota khusus TransJakarta maupun Mikrotrans yang melayani ke berbagai tujuan untuk pemudik yang baru sampai," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Terpadu Pulogebang, Hendra Kurniawan di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Minggu.
 
Hendra menyebutkan, untuk memperlancar mobilisasi penumpang dari Terminal Pulogebang, angkutan lanjutan bantuan dari bus TransJakarta beroperasi mulai dari pukul 00.00 WIB hingga 05.00 WIB.
 
Bus tersebut melayani beberapa jurusan dari Terminal Pulogebang ke lima tujuan yakni Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Pasar Senen, Kalideres dan Pulogadung.
 
Selain itu, angkutan lanjutan dalam kota khusus dari bus TransJakarta juga ada yang beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 11.00 WIB sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan mobilisasi balik ke tujuannya masing-masing dari Terminal Terpadu Pulogebang.
 
"Ada yang melayani ke berbagai tujuan, kalau khusus TransJakarta kita melayani rute Koridor Sembilan, yaitu Pulogebang-Kampung Melayu," katanya.

Baca juga: Puncak arus balik di Terminal Pulogebang diperkirakan 17 April
Baca juga: Pos kesehatan di Jakpus tetap optimal hingga 16 April mendatang


Bagi para pemudik yang baru sampai di terminal dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan TransJakarta ke tujuan kampung Melayu. "Kemudian dari kampung Melayu bisa ke berbagai tujuan," kata Hendra.
 
Hendra juga memastikan layanan posko gabungan baik itu keamanan dan kesehatan juga tetap beroperasi untuk membantu kelancaran penumpang. Penumpang juga bisa beristirahat sejenak di ruang tunggu penumpang jika kelelahan dalam perjalanan.
 
Berdasarkan data yang diperoleh pada pukul 12.20 WIB, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulogebang mencapai 483 orang dengan jumlah 69 bus. Sedangkan jumlah penumpang balik sebanyak 2.916 orang dengan jumlah 370 bus.
 
"Jumlah tersebut akan terus bertambah sampai 17 April mendatang," kata Hendra.
 
Puncak arus balik Lebaran 1445 Hijriah di Terminal Terpadu Pulogebang, Kecamatan, Cakung, Jakarta Timur, diperkirakan terjadi hingga tujuh hari setelah Lebaran (H+7) atau Rabu (17/4).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024