Jakarta (ANTARA) -
Polresta Metro Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyediakan pos pelayanan bagi para pemudik pada arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah dengan sejumlah fasilitas yang telah disiapkan.
 
Sejumlah fasilitas yang telah disiapkan pada arus balik Lebaran di antaranya Posko Pelayanan (Posyan) di Terminal 3, Posko Pengamanan (Pospam) di Terminal 1, 2 dan 3.
 
"Di Posyan yang kami sediakan, para pemudik bisa melakukan cek kesehatan gratis, serta beristirahat sejenak," kata Kapolresta Metro Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Kombes Polisi Roberto Pasaribu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Selain itu juga disediakan Posko Terpadu di Terminal 1, Call Center Halo Polisi 110 serta pelayanan pengamanan tertutup untuk mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan pencurian bagasi dan barang bawaan penumpang pesawat.

Baca juga: Pos kesehatan di Jakpus tetap optimal hingga 16 April mendatang
 
Roberto menjelaskan, pihaknya juga melakukan pengaturan kelancaran lalu lintas pada arus balik ke arah Jakarta maupun arah Bandara Soetta, seiring dengan dioperasikannya jalur Little Semanggi atau East Flyover di Bandara Soetta.
 
"Selanjutnya, Polresta Bandara Soetta juga menyiapkan Posko Pengendalian (Command Center), Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mobile, Dokkes Polri dan Ambulance serta mensiagakan 230 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan bekerjasama dengan stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta," katanya.
 
Roberto merinci jumlah personel tersebut terdiri dari Polri 125 personel, TNI (30), Avsec (50), Kesehatan Pelabuhan (10), Gegana Brimob (10) dan pasukan K-9 terdapat 5 personel.
 
Menurut Roberto, berdasarkan data dari Angkasa Pura II arus balik di Bandara Soetta telah mengalami lonjakan penumpang sejak Kamis (11/4) hingga hari Sabtu (13/4).

Baca juga: Polres Bandara Soetta hadirkan Pos Ramah Ibu dan Anak saat arus mudik
 
Pada Kamis (11/4) jumlah penumpang pesawat mencapai 121.325 orang, Jumat (12/4) ada 133.923 orang, Sabtu (13/4) 153.658 orang, Minggu (14/4) diprediksi mencapai 173.847 orang.
 
"Puncak arus balik di Bandara Soetta diprediksi terjadi pada Senin 15 April 2024," katanya.
 
Seiring dengan terus meningkatnya jumlah penumpang pesawat tersebut, Roberto mengimbau kepada para pemudik agar senantiasa menjaga kesehatan dan juga keselamatan diri.

"Serta mengikuti aturan penerbangan, termasuk mengetahui kategori barang yang dilarang untuk diangkut oleh pesawat serta menjaga barang berharga yang dibawa, " katanya.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024