Kendari (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Dwi Irianto bersama pejabat utama memantau situasi arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Nusantara Kendari, Provinsi Sultra.

"Kami melakukan pengecekan pos pelayanan di Pelabuhan Nusantara dan memantau arus balik yang masih lancar meski ada peningkatan," kata Dwi Irianto saat ditemui di Kendari, Senin.

Dia mengatakan bahwa dalam pemantauan tersebut, pihaknya turun langsung mengecek kondisi kedatangan dan keberangkatan para penumpang dari dan ke Kota Kendari.

Baca juga: Biddokkes Polda Sultra cek kesehatan personel pengamanan arus mudik

"Kami juga melakukan pengecekan dek dan ruangan kapal yang dioperasikan untuk melayani penumpang pada arus balik Lebaran 2024," ujarnya.

Dwi Irianto juga menjelaskan bahwa pengecekan kapal tersebut merupakan bentuk pengawasan secara langsung untuk memonitor kondisi aktivitas arus balik masyarakat yang menggunakan jasa kapal angkutan laut di Pelabuhan Nusantara Kendari dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah.

Selain melakukan pemantauan kondisi kapal, Wakapolda Sultra juga melakukan pengecekan pos pengamanan kepolisian di Pelabuhan Nusantara Kendari. Pengecekan itu untuk melihat kesiapan personel Polri di lapangan dalam rangka melaksanakan tugas pengamanan.

Baca juga: Gubernur Sultra: Petugas layanan publik siaga melayani saat Lebaran

"Dalam pos tersebut, personel Polri bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL) dan KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Kelas II Kendari, sehingga dapat terlaksana sesuai prosedur untuk mengantisipasi potensi gangguan yang dapat timbul menjadi gangguan nyata di sekitar area pelabuhan," katanya.

Ia mengimbau seluruh pemangku kepentingan di Pelabuhan Nusantara Kendari agar terus memperhatikan keamanan dan keselamatan para penumpang yang melakukan perjalanan melalui pelabuhan tersebut.

"Stop menaikkan penumpang apabila kapal sudah penuh. Secara umum arus mudik kondusif, tidak ada laporan gangguan kamtibmas baik dari pos pengamanan maupun pos pelayanan," ujarnya.

Baca juga: Polresta Kendari siapkan lokasi penitipan kendaraan pemudik

Kunjungan Wakapolda Sultra tersebut disertai oleh Komandan Lanal Kendari, Kapolresta Kendari, dan Kepala KSOP Kelas II Kendari.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024