Jakarta ( ANTARA News) - Pelaku usaha hotel dapat menghemat biaya cetak brosur lewat televisi sistem baru yang hari ini dikenalkan oleh sebuah perusahaan elektronik terkemuka.

"Pelaku hotel dapat memuat informasi seperti layanan hotel, promosi, fasilitas, susunan channel, ramalan cuaca lokal, hingga alarm di saluran khusus layar televisi," kata Agustian Yusetia, National B2B Sales Manager Business Solution LG Electronics Indonesia.

Saluran khusus tersebut dapat memuat hingga delapan menu utama yang masing-masing memiliki lima submenu.

"Ini lebih efektif dari flyer dan informasi bisa diupdate dalam beberapa menit, jika menunggu flyer dicetak bisa berhari-hari," kata Agustian di Jakarta, Senin.

Untuk memutakhirkan informasi tersebut televisi menawarkan dua cara, yaitu lewat kendali server terpusat dan USB.

Server dapat mengendalikan tv dalam jumlah tak terbatas selama semua TV LG ProCentricV terhubung dalam satu jaringan, cuma harga server terbilang mahal, 5.000 dolar ASt. Sementara kendali lewat USB menuntut cara manual.

Dia mengklaim sudah sepuluh hotel di Indonesia membeli produk ini, namun baru sebagian kecil yang rela membayar lebih untuk layanan server.

"Namanya teknologi, masih adaptasi. Tapi investasi untuk bayar server akan terasa murah bila jumlah tv yang dipakai banyak karena akan lebih praktis dari USB," ujarnya.

TV berteknologi asal Amerika Serikat ini tersedia dalam ukuran 32, 42, 47 dan 55 inci dengan harga mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp10 juta.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013