Jakarta (ANTARA) - Stefanos Tsitipas menyiapkan pertandingan ulang dengan Casper Ruud di final Barcelona Open setelah mengalahkan Dusan Lajovic 5-7, 6-4, 6-2, Sabtu (20/4) waktu setempat.

Petenis Yunani itu mengalahkan petenis peringkat enam dunia Ruud pekan lalu di final Monte Carlo Masters, yang menyebabkan kekalahan ketiga bagi petenis Norwegia itu di final tahun ini.

Ruud, runner-up Grand Slam tiga kali, mengalahkan Tomas Etcheverry 7-6(8/6), 6-4 di semifinal untuk mencatatkan kemenangannya yang ke-28 dalam tur musim ini.

Tsitsipas, yang menduduki peringkat ketujuh dunia, bangkit setelah set pertama yang goyah dan mengalahkan lawannya yang berasal dari Serbia itu.

"Itu tidak mudah sama sekali, dia berjuang sangat keras, saya tidak terlalu konsisten, kata Tsitsipas, dikutip dari AFP, Minggu.

"Semakin lama pertandingan berlangsung, saya semakin mendalami alasan mengapa saya tidak memenangi pertandingan yang saya perlukan untuk menang -- saya semakin mendalami diri saya sendiri dan mencoba melarikan diri dari jalur satu arah di mana pertandingan dimulai."

Tsitsipas menyelamatkan break point untuk mempertahankan kedudukan 4-4 pada set pertama di mana ia melakukan beberapa kesalahan sendiri, dan Lajovic mengamankannya ketika petenis berusia 25 tahun itu melepaskan pukulan ke net.

Baca juga: Tsitsipas selamatkan dua "match point" untuk capai semifinal Barcelona

Namun, Tsitsipas mematahkan servis dengan meyakinkan pada set kedua untuk memimpin 4-3 dan kemudian mendominasi pada set ketiga.

"Saya menampilkan permainan yang sangat berbeda dan versi diri saya yang jauh lebih baik pada set kedua dan ketiga," ujar Tsitsipas.

Berbeda dari Tsitsipas yang harus melewati set penentu, Ruud menang dua set langsung tetapi Etcheverry mengujinya.

"Sungguh luar biasa, dua minggu ini sangat bagus, dua final berturut-turut dan besok akan menjadi spesial, saya akan bermain untuk gelar terbesar dalam karier saya," kata Ruud.

“Itu adalah pertandingan yang sulit, dari segi level, mungkin itu adalah pertandingan terbaik saya di sini di Barcelona, ​​lawan yang sangat tangguh, Tomas memainkan permainan yang fantastis."

"Saya sedikit beruntung pada set pertama... namun itulah yang terkadang Anda perlukan, sedikit keberuntungan," ujar petenis berusia 25 tahun itu.

Baca juga: Ruud tundukkan Djokovic untuk tantang Tsitsipas di final Monte Carlo

Selanjutnya: Ruud kalah

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024