Borobudur, Jawa Tengah (ANTARA News) - Bunga ukuran raksasa yang diduga bunga bangkai tumbuh dan mekar selama beberapa hari terakhir di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Kalau mekarnya terlihat mulai kemarin sore, kalau tiga hari lalu masih berupa kuncup," kata Muhammad Mufid Masud (31), warga Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Bunga itu tumbuh dan mekar di pekarangan milik ayah Masud, Hadi bin Atmodimejo (69) di Dusun Banjaran Kecamatan Borobudur, sekitar tiga kilometer barat daya Candi Borobudur.

Guru Madrasah Ibtidaiyah Desa Sambeng itu mengaku sudah menelusuri melalui internet tentang kesamaan bunga raksasa di pekarangan itu dengan bunga serupa yang tumbuh di daerah lain.

"Baru pertama ini kami menemukan bunga seperti ini tumbuh di desa kami. Ada juga, kata beberapa tetangga yang pernah melihat milik warga sini, tapi katanya sudah layu, dibawa dari Yogyakarta," katanya.

Minggu sekitar pukul 08.00 WIB Masud dan seorang anggota keluarganya mengukur bunga itu.  Hasilnya, bunga ini bertinggi 40 cm, kelopak terpanjang 56 cm dan terpendek 50 cm. Tanah di bawah bunga itu, muncul satu tunas ukuran relatif pendek, sekitar 10 cm, yang diperkirakan bakal bunga.

"Mulai sore sekitar pukul 16.00 WIB, baru terasa bau tidak sedap seperti bangkai, kami menduga dari bunga ini," katanya.

Hadi mengatakan dalam beberapa waktu terakhir, tidak ada orang dari luar daerah itu yang datang ke dusun tersebut, memberi benih tanaman yang kemudian tumbuh menjadi bunga bangkai tersebut.

"Tempat ini, sekitar lima tahun lalu, ditumbuhi pohon bambu," sambung dia.

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013