Contohlah perikanan Norwegia

Contohlah perikanan Norwegia

Dokumentasi (ANTARA/Dedhez Anggara)

Bodo, Norwegia (ANTARA News) - Industri perikanan Norwegia patut menjadi contoh industri sejenis di Indonesia agar bisa lebih berkembang dan maju lagi.

"Industri perikanan di Norwegia ditangani secara serius dari hulu hingga hilir sehingga bisa benar-benar maju," kata Kabid Perikanan Budidaya Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat Hery Gunawadi usai mengunjungi pabrik produksi dan pengolahan ikan salmon di Bodo, Norwegia, Kamis.

Dia menunjuk cara tepat yang diambil Norwegia dalam pembenihan ikan.

"Cara pembenihan ikan yang baik (CPIB) dan cara budidaya ikan yang baik (CBIB) telah diterapkan secara sungguh-sungguh," katanya.

Dia menilai manajemen pembenihan ikan, manajemen pengelolaan air dan manajemen pakan ditangani dengan baik. "Kalau industri perikanan bisa seperti di Norwegia tentunya (Indonesia) akan lebih maju lagi," ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah Norwegia hanya memberi dukungan lewat kebijakan yang memajukan industri perikanan dalam negeri, sementara penanganan pemasaran dikelola dengan baik sehingga seluruh kegiatan perikanan ditangani serius.

"Industri perikanan di Indonesia diharapkan bisa mengikuti seperti di Norwegia," katanya sembari mengatakan industri perikanan di Norwegia telah mensejahterakan warganya.

"Dengn pengelolaan yang baik dan berkelanjutan, kekayaan tersebut mampu memakmurkan rakyat," ujarnya.

Norwegia adalah eksportir sumber daya pangan laut terbesar kedua di dunia.

Dinas Perikanan Jawa Barat melakukan studi banding ke Norwegia guna mengunjungi industri vaksin, Pharmaq di Oslo, industri pembenihan di Bodo, dan produksi pengolahan ikan salmon di Stokmarknes mulai 2 sampai 7 Desember ini.

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar