Anggota DPD RI dipilih oleh masyarakat di daerahnya masing-masing sehingga setelah berada di DPD RI agar rajin berkunjung ke daerahnya,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPD RI Irman Gusman mengingatkan para anggota Dewan Perwakilan Daerah agar rajin berkunjung ke daerah dan melakukan komunikasi intensif dengan masyarakat.

"Anggota DPD RI dipilih oleh masyarakat di daerahnya masing-masing sehingga setelah berada di DPD RI agar rajin berkunjung ke daerahnya," kata Irman Gusman ketika membuka seminar "Pola Komunikasi Anggota DPD RI dengan Konstituen Pasca Putusan MK" di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Menurut Irman, kalau anggota DPD RI tidak rajin berkunjung ke daerah dan tidak rajin membangun komunikasi dengan masyarakat, maka akan kesulitan menjalankan tugasnya.

Anggota DPD RI yang rajin berkunjung ke daerah dan rajin membangun komunikasi sehingga cepat mengetahui aspirasi yang berkembang untuk diakomodasi dalam menjalankan tugas-tugasnya di DPD RI.

"Jika anggota DPD rajin membangun komunikasi dengan masyarakat di daerahnya tentu akan mudah menjalankan tugasnya," katanya.

Di sisi lain, kata dia, masyarakat juga akan senang jika ada anggota DPD RI yang rajin berkunjung ke daerah untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Menurut dia, secara psikologis jika masyarakat sering disapa secara ramah dan diperjuangkan aspirasinya, maka akan bersimpati kepada anggota DPD RI.

"Sebenarnya yang penting itu, masyarakat disapa dan diperjuangkan aspirasinya. Soal berhasil atau tidak, itu masalah lain," ujar Irman.

Irman menambahkan, masyarakat juga paham kalau DPD RI kewenangannya terbatas.(*)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013