Jakarta (ANTARA) - Perusahaan semikonduktor, MediaTek, mengumumkan rencananya untuk memperluas cakupan pasar dengan melakukan debut pada ponsel pintar kelas atas di Amerika Serikat pada 2024.

Kabar ini datang dari salah satu peserta acara MediaTek Analyst Day yang mengunggah informasi tersebut di X lewat akun @nirave.

Tentunya informasi ini menjadi kabar yang menarik mengingat di AS hampir semua gawai yang beredar di pasaran didominasi oleh chip yang diproduksi Qualcomm, dan sisanya dikuasai Exynos dari Samsung atau Tensor dari Google.

Hal yang menarik ialah pemilihan debut yang tidak dilakukan pada segmen gawai kelas entry level atau midrange. MediaTek justru menyasar pasar ponsel kelas atas atau high end.

Baca juga: MediaTek masuk pasar kelas menengah lewat Dimensity 6300
 

Meski kabar ini masih tidak memberikan detail namun cukup menarik untuk diikuti.

Memang masih belum pasti gawai bertenaga MediaTek dari produsen ponsel mana yang akan diperkenalkan di AS tersebut namun besar kemungkinan ponsel itu datang dari vivo.

Baca juga: MediaTek keluarkan chipset baru Helio G91

Di 2024 ini, vivo digadang-gadang meluncurkan vivo X100s dan X100s Pro yang bakal menjadi ponsel pertama menampilkan chipset Dimensity 9300 Plus.

Chip yang menjadi adik dari Dimensity 9300 itu rencananya baru dikenalkan pada 7 Mei 2024 oleh MediaTek.

Seri chip Dimensity 9300 merupakan chip kelas atas dari MediaTek yang saat ini beredar di pasaran dan dikenalkan pada November 2023.

Vivo X100 dan X100 Pro adalah ponsel pertama yang menampilkannya.

Baca juga: MediaTek rancang chipset terbarunya dapat optimalkan Gemini Nano

Namun bisa juga ponsel itu berasal dari Oppo. Hal itu mengingat pada Oktober 2024, MediaTek bakal mengenalkan chip kelas atas generasi terbarunya Dimensity 9400.

Chip itu diperkirakan bakal dibangun di atas arsitektur 3nm yang menampilkan inti CPU Cortex-X5 generasi berikutnya dari ARM.

Chip tersebut juga akan memberi daya pada ponsel andalan Oppo yang akan datang, yang tampaknya adalah Oppo Find X8.

Semua itu baru sebatas proyeksi dan masih harus dilihat apakah salah satu perangkat ini berhasil masuk ke pasar AS di 2024. Demikian dilaporkan oleh Gizmochina, Jumat.

Baca juga: Keunggulan chipset Dimensity 8300 ultra yang hadir di POCO X6 Pro 5G

Baca juga: MediaTek rilis Dimensity 8300 tawarkan hemat daya untuk ponsel 5G

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024