Tokyo (ANTARA News) - Bursa saham Tokyo ditutup pada 2,02 persen lebih tinggi pada Rabu, karena yen melemah beberapa jam sebelum Federal Reserve AS membuat pengumuman tentang program stimulusnya.

Indeks Nikkei 225 bertambah 309,17 poin menjadi 15.587,80, sedangkan indeks Topix dari seluruh saham papan utama naik 1,48 persen atau 18,18 poin menjadi 1.250,49.

Investor telah fokus pada pertemuan komite kebijakan Fed yang akan berakhir pada Rabu waktu AS, dengan pendapat terpecah tentang apakah akan atau tidak mengumumkan pengurangan program pembelian obligasi 85 miliar dolar AS per bulan.

Sementara beberapa analis memperkirakan pengurangan stimulus segera dilakukan, yang lainnya menyatakan itu mungkin menunggu sampai awal tahun baru ketika data kuartal keempat mengalir masuk.

"Apakah Fed mengangkat kakinya dari pedal (pelonggaran moneter) malam ini atau pada Januari mungkin sebuah titik yang diperdebatkan ... karena intinya adalah bahwa pengurangan stimulus sangat mungkin akan terjadi dan pasar perlu menyesuaikan lebih cepat daripada terlambat," kata Credit Agricole.

Karena data pembangunan rumah baru AS untuk November, juga direncanakan akan dirilis pada Rabu, para dealer tetap memperhatikan pernyataan dari Ketua Fed Ben Bernanke tentang kondisi ekonomi AS dan setiap tindakan pada tingkat suku bunganya.

Pasar tampak maju-mundur menjelang keputusan tentang stimulus, yang telah diakui mengangkat pasar ekuitas global sejak akhir tahun lalu.

"Setelah setiap hasil (pertemuan kebijakan), bagaimana Jepang akan menavigasi kebijakan moneternya akan menjadi penting," manajer umum penelitian Chibagin Asset Management Yoshihiro Okumura mengatakan kepada Dow Jones Newswires.

Sebuah kemunduran pada stimulus The Fed dipandang sebagai kemungkinan akan meningkatkan dolar lebih lanjut terhadap yen, yang baik bagi pengekspor Jepang, sementara spekulasi atas pelonggaran lebih lanjut dari bank sentral Jepang (BoJ) juga membebani unit.

Harga saham Tokyo terangkat oleh spekulasi bahwa Perdana Menteri Shinzo Abe akan memasok rincian lebih lanjut tentang rencana pertumbuhan ekonomi dalam pidato yang dijadwalkan Kamis (19/12) di Tokyo.

Saham pengekspor secara luas lebih tinggi dengan raksasa elektronik Kyocera melompat 3,36 persen menjadi 5.220 yen dan produsen mobil Honda naik 3,05 persen menjadi 4.215 yen. Canon naik 1,53 persen menjadi 3.315 yen.

Dalam perdagangan valas, dolar dibeli 102,95 yen, naik dari 102,63 yen di New York pada Selasa, tetapi jauh dari tertinggi lima tahun 103,93 yen pada Jumat (13/12), demikian AFP melaporkan.

(SYS/A026/B008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013