Madrid (ANTARA News) - Rasio kredit macet (NPL) bank-bank Spanyol naik menjadi 12,998 persen pada Oktober, mencapai rekor tertinggi menurut data yang dirilis pada Rabu oleh bank sentral Spanyol (BoS).

Pinjaman-pinjaman yang jatuh ke dalam tunggakan dalam sistem perbankan Spanyol mencapai 190,971 miliar euro (262,767 miliar dolar AS) pada Oktober, meningkat sebesar 3,141 miliar euro dari September ketika rasio kredit macet Spanyol telah mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari 50 tahun, demikian laporan Xinhua.

Rasio kredit macet Spanyol telah meningkat selama delapan bulan berturut-turut sejak Februari dan diperkirakan akan terus meningkat, karena menurut para ahli itu tidak akan berhenti naik kecuali lapangan pekerjaan diciptakan di Spanyol.

Ekonomi Spanyol tumbuh sebesar 0,1 persen pada kuartal ketiga tahun ini dan diharapkan terus tumbuh di bulan-bulan berikutnya mengkonsolidasikan tren ini pada 2014. Namun, pertumbuhan ekonomi diperkirakan tidak akan memiliki dampak langsung pada penciptaan lapangan kerja.

Bank sentral Spanyol melaporkan bahwa total kredit turun menjadi 1,469 miliar euro pada Oktober dari sebelumnya 1,481 miliar euro pada September, karena bank-bank memotong kredit mereka akibat krisis.

ICO, sebuah perusahaan milik negara yang bertujuan untuk mempromosikan kegiatan ekonomi guna meningkatkan pembangunan Spanyol, melaporkan pada Rabu bahwa pihaknya memberikan total 13,884 miliar euro pada 2013, terutama untuk pekerja "freelance" dan usaha mikro. Angka itu 21 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013