Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Senin, karena pasar berubah tenang setelah minggu yang bergejolak untuk saham perbankan yang dipicu oleh kekhawatiran tentang stabilitas di sektor ini setelah jatuhnya Credit Suisse dan Silicon Valley Bank.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 1,3 persen pada pukul 07.05 GMT, dengan investor terhibur dari berita bahwa First Citizens BancShares Inc akan mengakuisisi simpanan dan pinjaman Silicon Valley Bank.

Bank-bank Eropa melonjak 2,8 persen setelah merosot 3,8 persen pada Jumat (24/3/2023) ketika Deutsche Bank memicu kerugian di sektor tersebut. Saham pemberi pinjaman Jerman itu terangkat 6,1 persen setelah jatuh 8,5 persen pada Jumat (24/3/2023).

Saham bank Swiss UBS, yang mengambil alih Credit Suisse dalam kesepakatan penyelamatan minggu lalu, bertambah 2,5 persen, tetapi masih tetap sekitar 15 persen di bawah level pra-kesepakatan.

Credit Suisse meningkat 3,6 persen. Regulator keuangan Swiss FINMA mengatakan pada akhir pekan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan apakah akan mengambil tindakan disipliner terhadap bank tersebut.

Novartis melambung 4,9 persen setelah pembuat obat Swiss itu mengatakan obat kanker payudara Kisqali telah terbukti mengurangi risiko kekambuhan pada wanita yang didiagnosis pada tahap awal penyakit tersebut.

Baca juga: Saham Asia naik tipis ikuti bursa berjangka AS di tengah laporan SVB
Baca juga: Minyak naik di awal sesi Asia karena kekhawatiran perbankan mereda
Baca juga: Valuasi Twitter jatuh jadi 20 miliar dolar AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023