... H-3, ribuan gereja-gereja itu sudah 'steril'... "
Surabaya (ANTARA News) - Jajaran Kepolisian Daerah Jawa Timur siap mengamankan 2.354 gereja se-Jawa Timur pada perayaan Natal 2013, termasuk 106 gereja besar.

"Untuk Natal tahun ini, kami akan mengerahkan 11.824 personel untuk mengamankan 2.354 gereja," kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono, dalam apel di lapangan depan Markase Kepolisian Daerah Jawa Timur, Surabaya, Sabtu.

Setelah memimpin apel gelar pasukan "Operasi Lilin Semeru 2013" untuk pengamanan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014, ia menjelaskan pihaknya sudah memantau langsung pengamanan di beberapa gereja besar.

"Saya minta H-3, ribuan gereja-gereja itu sudah 'steril', terutama gereja-gereja besar, di antaranya Gereja Mojokerto yang pernah dibom, Gereja Seminari Malang, gereja di Kediri, dan Poncokusumo," katanya.

Didampingi para petinggi TNI setempat, dia mengatakan, aksi terorisme tetap harus diwaspadai agar teroris tidak bisa memanfaatkan momen Natal seperti dulu.

"Bagaimanapun aksi terorisme tetap harus diwaspadai, karena sel-sel teroris masih aktif, terbukti dengan masih adanya penangkapan sejumlah teroris di beberapa wilayah di Tanah Air," katanya.

"Selain ancaman terorisme, kami juga akan mewaspadai aksi anarkisme selama Operasi Lilin Semeru 2013 sejak 23 Desember 2013 hingga 1 Januari 2014," katanya.

Dia mematok tiga target pengamanan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014, yakni tentang gangguan kamtibmas atau menurunkan kriminalitas, mengurai kemacetan dan sekaligus menurunkan angka kecelakaan lalu-lintas.

Ia mencontohkan upaya kanalisasi Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya dengan menggelar Malam Tanpa Kendaraan untuk mengantisipasi arak-arakan pada malam Tahun Baru 2014.

"Kami akan membantu program Malam Tanpa Kendaraan sepanjang 1,5 kilometer di Jalan Raya Darmo serta sepanjang 2,6 kilometer di kawasan Tunjungan, Gubernur Suryo, dan Panglima Sudirman," katanya.

Pewarta: Edy M Ya'kub
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013