Tangerang, Banten (ANTARA) - Airport Council International (ACI), lembaga yang membawahi bandara-bandara di dunia, mengapresiasi aspek keamanan dan keselamatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Apresiasi itu disampaikan setelah ACI menyelesaikan evaluasi dan penilaian terhadap aspek keamanan dan keselamatan di Bandara Soetta dalam program Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13-17 Mei 2024.

"Tim ACI memberikan apresiasi di sejumlah titik terkait aspek keselamatan. Tentunya, kami juga akan terus meningkatkan standar keselamatan, keamanan, dan operasional di Bandara Soekarno-Hatta ke depannya," kata Direktur Operasi PT Angkasa Pura II Agus Haryadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Tangerang, Banten, Minggu.

Ia mengatakan program APEX in Safety di Bandara Soekarno-Hatta ini dilakukan oleh tim ACI yang terdiri atas tujuh orang, yakni Owen Ryan (ACI World), Gozel Serikbayeva (Almaty International Airport), Emilie Coureau (Dubai Airports), Davy Maddick-Semal IAP, MRAeS (Riyadh Airports), Sanjay Kumar (Delhi International Airports), Muhammad Hidayat Bin Ismail (Malaysia Airports), dan Ozan Karakis, IAP (iGA Istanbul Airports).

Selama pelaksanaan evaluasi dan penilaian tersebut, dilakukan terhadap delapan titik yakni di runway, taxiway dan apron; airport rescue & fire fighting (ARFF); apron management/apron operation; maintenance procedures & practice; safety & operational training; construction project; safety management system (SMS) dan aerodrome manual & airport emergency Plan (AEP); dan wildlife.

"Program APEX in Safety merupakan salah satu upaya kami untuk selalu memastikan adanya peningkatan standar keselamatan di Bandara Soekarno-Hatta, serta untuk selalu mengampanyekan budaya keselamatan di industri aviasi sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada," ujarnya.

Apresiasi yang diberikan oleh tim ACI antara lain komitmen dari jajaran manajemen untuk keselamatan dan operasional penerbangan, kompetensi personel yang memenuhi standar, serta adanya fasilitas dengan teknologi terkini seperti Airport Operation Control Center (AOCC).

Di samping itu, tim ACI memberikan apresiasi kepada personel Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki program kampanye keselamatan bagi seluruh stakeholder di bandara.

Adapun kemampuan dan keahlian personel ARFF juga mendapat apresiasi dari tim ACI. Unit ARFF merupakan salah satu elemen terpenting dalam aspek keselamatan suatu bandara.

Sementara itu, catatan dari tim ACI berdasarkan program APEX in Safety yang dijalankan antara lain terkait penambahan infrastruktur pendukung di sisi udara, pelatihan bagi personel guna peningkatan kemampuan secara berkelanjutan, serta penyempurnaan prosedur.

Tim ACI yang menjalankan APEX in Safety di Bandara Soekarno-Hatta akan menyampaikan laporan lengkap dan detail kepada ACI. Kemudian, ACI akan menyampaikan rekomendasi kepada Bandara Soekarno-Hatta.

"Setelah mendapat rekomendasi dari ACI, Bandara Soekarno-Hatta akan mempertimbangkan untuk mengimplementasikan rekomendasi tersebut sesuai dengan prioritas dan kebutuhan organisasi. Yang jelas, kami ingin secara berkelanjutan meningkatkan standar keselamatan di Bandara Soekarno-Hatta," kata Agus.

Baca juga: Bandara Soetta tingkatkan standar keselamatan lewat "APEX in Safety"
Baca juga: Pengelola Bandara Soetta pastikan kesiapan layanan penerbangan haji

Baca juga: Tiga bandara Angkasa Pura II raih ACI ASQ Awards 2023

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024