BNI bersama Hutama Karya sebagai Co-PIC memberikan semangat dan dukungan penuh kepada para relawan untuk mengikuti kegiatan ini
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendukung Program Relawan Bakti BUMN Batch V untuk merehabilitasi habitat orangutan dan mangrove di Samboja dan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan program ini merupakan wujud komitmen BNI dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkolaborasi dengan Hutama Karya.

"Sebagai PIC dalam program ini, BNI bersama Hutama Karya sebagai Co-PIC memberikan semangat dan dukungan penuh kepada para relawan untuk mengikuti kegiatan ini," kata Okki melalui keterangannya di Jakarta, Rabu.

Relawan Bakti BUMN merupakan program yang diinisiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KemenBUMN). Program yang sudah masuk dalam gelombang kelima ini diselenggarakan selama tiga hari mulai dari tanggal 20 hingga 22 Mei 2024 dengan lokasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Samboja dan IKN.

Para relawan di Samboja dan IKN mengikuti berbagai kegiatan edukatif, seperti mempelajari cara mempersiapkan makanan alami orangutan, membantu perbaikan infrastruktur area konservasi, memahami peran petugas rehabilitasi, dan mengenal lebih dalam tentang IKN di lokasi pembangunan.

Baca juga: OIKN dan BNI bekerja sama dalam penyediaan layanan perbankan di IKN

Baca juga: BNI raih dua penghargaan Marketeers Youth Choice Award 2024


Mereka juga melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan penyangga IKN, serta melakukan pemberdayaan masyarakat di sekitar IKN.

Melalui kegiatan tersebut, para relawan diharapkan dapat memahami pentingnya pelestarian orangutan dan mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan serta dampaknya terhadap lingkungan dan manusia.

Program ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, tidak hanya selama pelaksanaan program Relawan Bakti BUMN, tetapi juga setelah para relawan kembali ke perusahaan masing-masing, dengan menularkan semangat sosial kepada rekan-rekan mereka.

"Semoga program ini dapat terus berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat positif bagi kita semua," kata Okki.

Baca juga: BNI berikan pembiayaan untuk pengusaha diaspora di Belanda

Baca juga: BNI berkolaborasi dengan 25 PTN dalam pelaksanaan SMMPTN-Barat 2024

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024