menyasar dengan tepat untuk putra putri asli Muba berprestasi dari keluarga tidak mampu
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan menggandeng tiga perguruan tinggi negeri (PTN) untuk mewujudkan kuliah gratis hingga strata dua (S2) bagi warganya yang tergolong kurang mampu yang telah berjalan sejak 2022.

"Tiga perguruan tinggi yang menjadi mitra untuk program kuliah gratis itu yakni Telkom University, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Yogyakarta, dan Universitas Sriwijaya (Unsri)," kata Sekda Muba Apriyadi Mahmud, di Sekayu, Jumat.

Dia menjelaskan, Pemkab Muba menjadi penyelenggara pertama program kuliah gratis hingga jenjang S2 di Tanah Air yang dimulai sejak dua tahun terakhir.

"Program tersebut menjadi program yang menyasar dengan tepat untuk putra putri asli Muba berprestasi dari keluarga tidak mampu atau miskin," ujarnya.

Menurut dia, program kuliah gratis Pemkab Muba itu merupakan peningkatan (upgrade) dari program sekolah gratis yang dimulai sejak puluhan tahun lalu di era Bupati Muba Alex Noerdin.

"Seperti diketahui Pemkab Muba sebagai pelopor program sekolah gratis dari SD-SMA, kini program kuliah gratis kita mulai juga dari Bumi Serasan Sekate ini," kata Apriyadi.

Baca juga: Suku Anak Dalam di Musi Banyuasin-Sumsel diberikan beasiswa
Baca juga: 50 jurnalis peroleh beasiswa S2 dari BRI


Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Iskandar Syahrianto menjelaskan puluhan kuota beasiswa kuliah gratis di Telkom University dengan pilihan jurusan S1 Fakultas Teknik Elektro, S1 Fakultas Komunikasi Bisnis.

Kemudian S1 Fakultas Informatika, S1 Fakultas Industri Kreatif, S1 Fakultas Rekayasa Industri, D3 Fakultas Ilmu Terapan, dan S1 Fakultas Ekonomi Bisnis.

Kemudian program kuliah gratis di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yogyakarta disiapkan 80 kuota.

Sebanyak 59 mahasiswa baru Tahun Akademik 2023/2024 Pascasarjana FKIP Unsri yang merupakan putra putri asli Muba juga telah menjadi penerima program kuliah gratis Pemkab Muba.

Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi mahasiswa di tiga perguruan tinggi mitra program kuliah gratis itu di antaranya nilai rapor semester 1-5 minimal 75 (matematika, fisika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris), jelas Kadisdikbud Muba Iskandar.

Baca juga: Pemkab Puncak naikkan anggaran beasiswa mahasiswa program S1 dan S2
Baca juga: Pemkab Bekasi buka peluang warga ikut beasiswa LPDP S2-S3
Baca juga: PHR berangkatkan dua putri asal Riau tempuh pendidikan S2 di AS

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024