Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu memperkenalkan destinasi wisata yang ada di daerah kepulauan di Provinsi DKI Jakarta itu kepada puluhan pembuat konten di media sosial melalui Program Family Trip (Famtrip) 2024. 

"Ada 65 konten kreator yang diajak mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kepulauan Seribu," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kegiatan pengenalan destinasi ini dimaksud agar menjadi media promosi melalui keterlibatan masyarakat yang dikemas dalam bentuk kunjungan ke pulau resort, pulau cagar budaya dan pulau penduduk.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu latih warga mahir menyelam

Kegiatan ini menjadi salah satu program Sudin Parekraf untuk memperkenalkan dan mempromosikan Kepulauan Seribu kepada khalayak umum.

"Pengenalan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata internasional, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta," katanya.

Ia mengatakan puluhan peserta tersebut berasal dari berbagai kalangan konten kreator seperti pemengaruh (influencer), pengisi blog (blogger), fotografer, selebgram, pembuat konten digital dan lainnya.

Peserta Famtrip ini diberikan fasilitas gratis dengan menaiki kapal dan mengelilingi sejumlah destinasi seperti Pulau Kelor, Pulau Payung dan Pulau Tidung Kecil dengan didampingi pemandu wisata.

Baca juga: Kementerian latih fotografi 80 pelaku jasa wisata Kepulauan Seribu

Sesampai di satu tempat tujuan peserta diberikan waktu untuk mengelilingi setiap pulau. "Bahkan, mereka diberikan kesempatan untuk menanam mangrove dan restocking ikan di Pulau Tidung Kecil," kata dia.

Seorang peserta asal Jakarta Barat, Tasya Amini (24) mengaku senang karena telah diberikan kesempatan untuk mengelilingi dan menikmati keindahan alam pulau-pulau di Kepulauan Seribu secara gratis.

Menurut dia, keelokan alam di Kepulauan Seribu tidak kalah dengan tempat-tempat lain yang jauh dari Jakarta.

"Sangat senang dan merasa beruntung ya. Pastinya saya akan terus mempromosikan melalui tulisan di akun blog saya," kata dia.
Baca juga: Pemkab siapkan jalur destinasi wisata tingkatkan kunjungan wisatawan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024