Messi terus tampil cemerlang. Penampilannya sungguh hebat ketika turun bertanding melawan Getafe. Benar bahwa ia kembali pulih setelah mengalami cedera panjang. Kami harus senantiasa memantau dia
Madrid (ANTARA News) - Barcelona bersua dengan Atletico Madrid di duel kelas wahid La Liga. Akankah Lionel Messi bersinar dengan mengimbuh pundi-pundi gol agar publik pecinta sepak bola seantero menjadi "murid setia" yang mendengar dan melakukan petuah bahwa siapa saja adalah sahabat bagi siapa aja.

Bagi Atletico maupun Barcelona sama-sama mengenggam paham bahwa sepak bola menggiring siapa saja dari mereka di mana saja untuk menyuburkan tali persahabatan.

Jauh dari konflik, jauh dari sifat membeda-bedakan, jauh dari sifat "suka-suka gue" tanpa memperhatikan bahwa orang lain adalah sesama bagi dirinya.

Ya, Atletico menantang Barcelona dalam duel bertajuk La Liga di Estadio Vicente Calderon, pada Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan secara langsung oleh RCTI.

Atletico dan Barcelona kini sama-sama memperoleh 49 poin dan menduduki peringkat teratas dalam klasemen La Liga musim 2013/14. Mereka bersahabat meski harus berduel untuk saling berbagi pengetahuan agar masing-masing paham dengan makna bahwa kemenangan tidak terberi secara cuma-cuma belaka.

Di tengah semangat persahabatan untuk saling berbagi kelihaian meracik dan menerapkan taktik, pelatih Barcelona Gerardo Martino belum-belum sudah menegaskan bahwa Lionel Messi terbuka kemungkinan tidak dimainkan manakala melawan Atletico.

Messi tampil sebagai "murid sejati" yang hanya ingin mendengar dan melakukan petuah mengenai makna persahabatan sejati.

Disuburkan oleh aksioma itulah Messi tekah mencetak sebanyak 17 gol dalam 14 pertandingan melawan Atletico Madrid, sementara Diego telah mengemas 19 gol untuk Atletico.

Barcelona sedang merayakan sebuah kemeriahan bahwa lima pemainnya, masing-masing Pedro, Alexis, Cesc Fabregas bergabung bersama Messi dan Neymar, sama-sama menghidupi noktah sebagai predator gol bagi lawan. Di satu pihak, barisan depan Barcelona begitu beringas mencetak gol, di lain pihak di lini pertahanan mereka demikian memprihatinkan.

Sampai-sampai pelatih Atletico, Diego Simeone mengakui dengan menyatakan, "Saya ragu apakah Martino memang benar-benar mambangkucadangkan Messi, meski terbuka kemungkinan ke arah itu.

Toh, penampilan mereka hebat tanpa keikutsertaan Messi. Ada nama lain yang tidak kalah hebat, yakni Pedro yang mampu memetik hat-trick, kemudian Alexis."

Atletico kini punya andalan di bawah mistar gawang. Dia Thibaut Courtois yang dilego dari Chelsea. Kiprahnya tentu menopang barisan pertahanan pasukan Simeone yang dikawal oleh Juanfran, Miranda, Diego Godin dan Felipe Luis.

"Kami perlu kokoh bertahan dan mampu mengejutkan mereka dengan melancarkan serangan balik," kata bek kiri Atletico, Diego Costa.

Simeone menimpali, "Secara perseorangan, mereka tampil sebagai tim yang lebih baik dari kami, tetapi kami punya kerjasama yang padu. Kami mampu tampil sangat kompetitif.

Anatomi kedua tim:
* Atletico Madrid mengandalkan pola permainan yang terus menekan lawan, sementara Barcelona memeragakan operan-operan jitu yang senantiasa mengancam stabilitas lini pertahanan lawan.

* Duel dua tim ini mewakili dua corak permainan. Barcelona bagaikan mesin yang berputar tiada henti mengandalkan umpan dan umpan. Mereka layaknya lokomotif yang terus melaju untuk melibas lawan. Pola ini demikian kental di bawah polesan Pep Guardiola.

* Skuad Barcelona mencatatkan diri sebagai tim yang paling banyak di La Liga dalam melepas umpan (10.156 umpan tepat sasaran) musim lalu, sementara pesaing utamanya Real Madrid menorehkan hampir 2.000 umpan.

* Atletico kuat dalam mengembangkan tempo permainan bertensi tinggi. Mereka mampu menekan tanpa ampun setiap lawan, sementara Barcelona mengembangkan penguasaan bola.


Komentar dua pelatih:

Diego Simeone (Atletico Madrid):
"Sebagai sesama orang Argentina, saya benar-benar senang bahwa Messi telah kembali ke performa terbaiknya. Sebagai warga Argentina, kami berharap dapat memenangi Piala Dunia, dan ia pemain yang teramat menentukan dalam tim. Saya benar-benar berharap bahwa ia dapat tampil sebaik mungkin di di bulan mendatang."

"Akankah kami menyaksikan Barca tanpa diperkuat oleh Messi dalam pertandingan besok? Saya tidak yakin juga. Mereka punya segudang variasi susunan pemain."

"Ini bukan pertandingan final. Ini hanya laga di ajang La Liga. Sekarang saatnya kami menghadapi mereka. Pertandingan ini penting, sangat penting karena menentukan peringkat di klasemen juga."

"Kami berusaha tampil sebaik mungkin melawan mereka dengan mendayagunakan seluruh kemampuan. Kami akan tampil sebaik ketika kami bertanding di ajang Supercopa."

Gerardo Martino (Barcelona):
"Messi terus tampil cemerlang. Penampilannya sungguh hebat ketika turun bertanding melawan Getafe. Benar bahwa ia kembali pulih setelah mengalami cedera panjang. Kami harus senantiasa memantau dia."

"Kami harus mamutuskan apakah ia memang benar-benar siap bermain penuh selama 90 menit dalam pertandingan besok melawan Atletico. Saya kira ia telah benar-benar fokus untuk memberi penampilan terbaiknya bagi Barca. Ia terus pulih setelah menderita cedera."

"Saya selalu mengatakan hal yang sama, jika (Neymar dan Alves) berada dalam skuad di sebuah pertandingan, maka mereka juga berkesempatan turun bertanding. Dani berangsur pulih, Ia mengalami flu. Neymar masih terbuka kemungkinan bermain. Afellay berangsur pulih, dan sudah kembali berlatih."

"Saya beranggapan penampilan Atletico Madrid tidak pernah surut. Mereka memulai musim ini dengan memperoleh hasil maksimal. Dalam lima bulan ini, mereka sungguh berkembang."

Prakiraan susunan pemain:
Atletico Madrid (4-4-2):
Courtois (penjaga gawang), Luis, Godin, Miranda, Juanfran, Turan, Gabi, Tiago, Koke, Costa, Villa
Pemain cadangan:
Aranzubia, Adrian, Garcia, Aldenweireld, O.Torres, Sosa

Barcelona (4-3-3):
Valdes, Alves, Pique, Mascherano, Alba, Xavi, Busquets, Iniesta, Alexis, Messi, Neymar
Pemain cadangan:
Pinto, Montoya, Pedro, Bartra, Song, Adriano

Prediksi hasil laga (Goal.com):    
 
* Atletico Madrid 1-3 FC Barcelona (20,35 persen)
* Atletico Madrid 1-2 FC Barcelona (15,72 persen)
* Atletico Madrid 2-1 FC Barcelona (10,25 persen)

Head to Head

Spain - Super Cup (ESPS)
29 Aug 2013     FC Barcelona 0 - Atletico Madrid 0     
22 Aug 2013     Atletico Madrid 1 - FC Barcelona 1     
 
Primera Division (LIGA)
13 May 2013     Atletico Madrid 1 - FC Barcelona 2     
17 Dec 2012     FC Barcelona 4 - Atletico Madrid 1     
27 Feb 2012     Atletico Madrid 1 - FC Barcelona 2     

Lima laga terakhir:  

Atletico Madrid  
8 Jan 2014    Valencia CF 1 - Atletico Madrid 1    ESPC
4 Jan 2014    Malaga 0 - Atletico Madrid 1    LIGA
22 Dec 2013    Atletico Madrid 3 - Levante UD 2    LIGA
19 Dec 2013    Atletico Madrid 2 - UE Sant Andreu 1    ESPC
16 Dec 2013    Atletico Madrid 3 - Valencia CF 0    LIGA

FC Barcelona
Jan 9, 2014    FC Barcelona 4 - Getafe 0    ESPC
Jan 5, 2014    FC Barcelona 4 - Elche 0    LIGA
Dec 23, 2013    Getafe 2 - FC Barcelona 5    LIGA
Dec 18, 2013    FC Barcelona 3 - F.C. Cartagena 0    ESPC
Dec 15, 2013    FC Barcelona 2 - Villarreal 1    LIGA
 

Narasi atas prediksi:

* Duel Atletico vs Barcelona sama sebangun dengan "passing vs pressing". Cengkok laga ini miirp-mirip duel antara Bayern Muenchen vs Borrusia Dortmund.

* Pasukan Catalan bakal menguasai jalannya pertandingan dengan mengedepankan penguasaan bola. Kebalikannya, Atletico siap menggempur habis-habisan pertahanan Barcelona. Tinggal sekarang, menanti kesiapan dan keteguhan hati Alves, Pique, Mascherano, Alba sebagai tembok perkasa Barca.

* Pertandingan bakal berlangsung seru sengit. Kedua tim sama-sama punya barisan depan yang berperan sebagai predator mematikan serentak menakutkan bagi barisan pertahanan.

* Laga ini memanggungkan Costa vs Messi, baik dalam produktivitas mencetak gol maupun kehebatan melepaskan tembakan jitu terarah ke gawang lawan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Atletico: 1
Barcelona: 3 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014