Jakarta (ANTARA News)- Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjadi bakal calon presiden (capres) terfavorit pilihan pembaca sebuah koran Ibukota yang penyebarannya mencakup wilayah Jabodetabek.

"Mayoritas pembaca yang memilih Hatta dengan alasan sosok Menko Perekonomian itu memenuhi persyaratan sebagai pemimpin ke depan dengan melihat pengalaman dan kinerjanya selama menjadi menteri," kata Koordinator Jajak Pembaca Koran Nonstop Iwan Siregar di Jakarta, Kamis.

Dalam jajak pembaca edisi Februari 2014, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mendapat 21 persen, disusul Menteri BUMN Dahlan Iskan, peserta Konvensi Capres Partai Demokrat (19 persen), kemudian Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (15 persen).

Selanjutnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (13 persen), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (11 persen), Ketua DPD RI Irman Gusman (8 persen), Mahfud MD (5 persen), Ketua Umum Partai Golkar (3 persen) dan calon presiden lainnya sejumlah 5 persen.

Dalam jajak tersebut sebanyak 2.130 kupon pembaca Jajak Nonstop edisi Februari 2014 masuk ke redaksi terkait pertanyaan "Siapa Layak Jadi Presiden 2014".

Sebelumnya, pengamat politik M Qodari kepada pers menyatakan, Hatta memang layak menjadi salah satu pemimpin Indonesia ke depan.

"Saya kira Hatta akan memberikan warna yang berbeda. Dengan kapasitasnya di dunia birokrasi, pengalamannya itu tentu bisa membawa perubahan bagi bangsa," katanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014