Bandung (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Jawa Barat, mendirikan empat posko untuk pelayanan pada malam Tahun Baru 2015.

"Sebagai langkah antisipasi, PMI mendirikan empat posko pada malam pergantian tahun. Posko itu melayani kedaruratan dan pertolongan pertama," kata Kepala Markas PMI Kota Bandung Heri di Bandung, Selasa.

Posko itu ditempatkan di beberapa titik yang dianggap rawan kecelakaan, sedangkan posko utama berada di Gedung PMI Bandung, Jalan Aceh Kota Bandung.

Keempat Posko PMI pada malam tahun baru itu ditempatkan di Gedung PMI, Alun-Alun Bandung, Jalan Merdeka, dan di Lapangan Gasibu yang akan menjadi tempat konsentrasi massa.

"Setiap posko akan dijaga 10 petugas, juga satu ambulans stand by. Palang Merah Indonesia bekerja sama dengan aparat lainnya untuk menjaga kelancaran malam tahun baru," kata Heri.

Selain itu, PMI Kota Bandung juga diperbantukan untuk penanganan banjir di Parunghalang, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

"Karena sekarang musim hujan, dan terjadi banjir, PMI Kabupaten Bandung meminta bantuan kami," katanya

Palang Merah Indonesia Kabupaten Bandung yang wilayah kerjanya terkena banjir meminta bantuan PMI Kota untuk membangun pelayanan dapur umum di tempat yang dilanda banjir.

Petugas yang dikirimkan ada 40 personel yang sudah lima hari dan rencananya akan disiagakan hingga Selasa (30/12).

"Palang Merah Indonesia menyiapkan makanan bagi lebih dari 2600 orang yang diberikan dua kali sehari," katanya.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014