Kami berusaha tampil dengan determinasi tinggi. Ini keputusan tim menghadapi babak kualifikasi. Ini salah satu resep yang kami terapkan ketika menang melawan Manchester City
Turin (ANTARA News) - Berjuang meraih poin sukses bukan sekedar urusan satu malam dengan berkata-kata simbsalabim seraya menadahkan tangan meminta belas kasihan orang.

Kemenangan diperjuangkan sekuat asa, dihidup-hidupkan dengan semangat kebersamaan. Inilah iklim aktual yang menerpa Juventus dan Sevilla.

Yang ironis, justru Juventus sebagai semifinalis Liga Champions 2014/15 justru terjengkang di urutan ke-15 hingga pekan keenam Serie A musim ini, sementara Sevilla menghuni posisi ke-16 sampai pekan keenam klasemen La Liga 2105/16.

Dan klub berjuluk Si Nyonya Tua kini ditantang sang tamu asal Spanyol Sevilla dalam laga Grup D Liga Champions yang digelar di Juventus Stadium, Turin, Rabu waktu setempat, Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan beIN Sports 2.

Kapten Juventus Gianluigi Buffon melihat laga melawan Sevilla sebagai pertarungan untuk menghidupkan kembali kesempatan kepercayaan diri tim secara keseluruhan.

Komentar itu terlontar karena ia begitu terbuai memori manis musim lalu. Tim yang ia bela mampu keluar sebagai pemenang Coppa Italia bahkan mencapai final Liga Champions, meski akhirnya menelan kekalahan dari Barcelona.

Menghadapi Sevilla, ternyata Juventus tidak diperkuat oleh duet Claudio Marchisio dan Mario Mandzukic yang telah mengukir nama harum di ajang Liga Champions, sementara Sami Khedira, Martin Caceres dan Stephan Lichtsteiner masih akan absen.

Alvaro Morata bakal didaulat berperan sebagai ujung tombak serangan berkongsi dengan Simone Zaza, sementara Mario Lemina diberi porsi tugas sebagai gelandang yang mendukung ketajaman kedua rekan timnya itu. Martin Caceres masih terkena suspensi karena kedapatan menyetir sambil mabuk.

Di sisi Sevilla, tim asuhan Unai Emery tidak diperkuat Ever Banega. Sebagai kampiun juara Eropa 2014/15, tim asal negeri Matador ini bakal menurunkan susunan pemain yang tidak jauh berbeda ketika mereka tampil di ajang liga domestik.

Komentar dua pelatih:

* Massimiliano Allegri (Jventus):

"Maaf, karena Lichtsteiner tidak diijinkan tampil meski tim dokter ingin agar ia terus menjalani serangkaian laga percobaan. Besok kami akan menurunkan Andrea Barzagli, mungkin tiga atau empat pemain bertahan, dan perubahannya tidak terlalu banyak juga."

"Kami berusaha tampil dengan determinasi tinggi. Ini keputusan tim menghadapi babak kualifikasi. Ini salah satu resep yang kami terapkan ketika menang melawan Manchester City."

"Sami Khedira tidak tampil dalam waktu lama meski ia dapat saja tampil besok. Ia kerapkali membuat debut yang gemilang, sehingga mari kita berharap hal itu terwujud besok. Ia siap, ia pemain kelas dunia."

"Menang di Liga Champions merupakan impian. Saya beranggapan bahwa tujuan Juventus selalu lolos dari babak penyisihan. Tugas untuk lolos babak ini sungguh tidak mudah. Meski Liga Champions merupakan impian."  
 
* Unai Emery (Sevilla):
"Setelah menjalani pengalaman unik kali lalu di Turin, lewat pertandingan yang seru (di final Liga Champions), kini kami kembali berlaga di Liga Champions, sebuah kompetisi terbaik di dunia. Kami ingin benar-benar menikmati pertandingan ini. Ini pertandingan berkelas yang tentu memotivasi kami, untuk itu kami siap meraih hasil terbaik."

"Silakan melihat statistik dan pengalaman yang menyatakan bahwa boleh jadi peristiwa buruk dapat saja terjadi. Mereka tim yang fantastis, dipenuhi oleh pemain-pemain hebat. Mereka benar-benar pemain hebat, baik secara individu, sejarah, dan semua tingkat prestasi."  

Prediksi susunan pemain:

* Juventus (4-3-1-2):

Gigi Buffon (penjaga gawang); Stephan Lichtsteiner, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Patrice Evra, Mario Lemina, Hernanes, Paul Pogba; Juan Cuadrado; Alvaro Morata, Roberto Pereyra
Pemain absen: Mario Mandzukic, Claudio Marchisio (cedera)

* Sevilla (4-2-3-1):
Sergio Rico (penjaga gawang); Coke, Marco Andreolli, Timothee Kolodziejczak, Benoit Tremoulinas; Grzegorz Krychowiak, Steven N’Zonzi; Jose Antonio Reyes, Vicente Iborra, Yevhen Konoplyanka; Kevin Gameiro
Pemain absen: Beto, Daniel Carrico, Adil Rami, Nicolas Pareja, Ever Banega (cedera)
 
Data dan fakta (Opta Facts):

* Ini kali pertama duel antara Juventus dan Sevilla.
* Hanya ada satu klub asal La Liga yang mampu mengalahkah Juventus di ajang Liga Champions, yakni  Deportivo La Coruna pada Maret 2004 (1-0).
* Dalam laga tandang dan kandang, Juventus hanya menang sekali dari tujuh laga melawan tim asal Spanyol di ajang Liga Champions (2-1 melawan Real Madrid di semifinal leg pertama musim lalu).
* Juventus tidak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir di Juventus Stadium dalam laga Liga Champions (enam menang, tiga imbang). Kekalahan terakhir mereka ketika menghadapi Bayern Muenchen pada April 2013 (0-2).
* Juventus hanya menderita sekali kalah dari 11 laga Liga Champions (tujuh menang, tiga imbang) yang terjadi di final 2015 melawan Barcelona.
* Sevilla berperan untuk kali ketiga di Liga Champions. Mereka selalu lolos ke babak penyisihan meski tidak pernah sampai ke babak 16 besar.   
* Sevilla meraih kemenangan 65 persen di Liga Champions (11 menang dari 17 laga).    
 
Top Players (Whoscored.com)

* Ratings:

Juventus:
Á. Morata (8,27)
P. Pogba (8.15)
G. Buffon (7,59)
    
Sevilla:
G. Krychowiak  (8,43)
Vitolo  (8,3)
É. Banega (8,04)

* Goals:
Juventus:

M. Mandzukic  (1)
Á. Morata  (1)
J. Cuadrado  (0)
    
Sevilla:
K. Gameiro  (1)
Y. Konoplyanka (1)
É. Banega    (1)

* Assists:
Juventus:

P. Pogba  (1)
J. Cuadrado (0)
M. Mandzukic (0)

Sevilla:    
M. Krohn-Dehli   (1)
K. Gameiro  (0)
B. Trémoulinas (0)
   
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Juventus: L D W W D


26/9/15 Napoli 2 - 1 Juventus
23/9/15 Juventus 1 - 1 Frosinone
20/9/15 Genoa 0 - 2 Juventus
15/9/15 Manchester City 1 - 2 Juventus
12/9/15 Juventus 1 - 1 Chievo Verona

* Sevilla: W L L W D

26/9/15 Sevilla 3 - 2 Rayo Vallecano
23/9/15 Las Palmas 2 - 0 Sevilla
20/9/15 Sevilla 1 - 2 Celta de Vigo
15/9/15 Sevilla 3 - 0 Borussia Mönchengladbach
11/9/15 Levante 1 - 1 Sevilla

Head To Head:
 
24/7/09 Sevilla 1 - 2 Juventus

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Juventus 2 - 0 Sevilla
* Juventus 2 - 1 Sevilla
* Juventus 0 - 0 Sevilla

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Juventus: 1
* Sevilla: 1

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015