Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan Kemensos menyiapkan program pelatihan vokasional bagi para pekerja seks komersial (PSK) di kawasan Kalijodo yang ingin keluar dari dunia prostitusi.

"Sebenarnya program ini bukan hanya untuk mantan PSK, tetapi juga untuk mantan korban perdagangan manusia dan lain-lain," kata Khofifah saat berkunjung ke kawasan Kalijodo, Rabu.

Khofifah mengatakan Kemensos memiliki kewenangan terhadap penanganan mantan PSK. Namun, ia enggan menjawab saat ditanya apakah mendukung penggusuran yang direncanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Saya tidak akan masuk ke dalam tugas dan fungsi kementerian-lembaga lain maupun pemerintah daerah. Tugas fungsi Kementerian Sosial adalah penanganan sosial, termasuk mantan PSK," tuturnya.

Menurut Khofifah, kementeriannya tidak hanya menangani mantan PSK dari satu lokalisasi saja, melainkan lokalisasi dari seluruh Indonesia.

Khofifah mengaku sudah cukup lama mengikuti perkembangan lokalisasi di seluruh Indonesia, misalnya Kramat Tunggak di Jakarta maupun Dolly di Surabaya.

"Program pelatihan vokasi Kementerian Sosial ada di Pasar Rebo. Kami melatih mantan PSK, termasuk menyediakan anggaran untuk mereka kembali ke daerah dan memulai usaha. Juga ada program-program pemberdayaan ekonomi lainnya yang ada di bawah kewenangan Kementerian Sosial," katanya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016