Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzi menyerahkan dua unit ambulan bantuan rakyat Indonesia kepada Bulan Sabit Merah Mesir (BSMM) di Kairo, Kamis.

Menurut siaran pers KBRI Kairo yang diterima Antara di Jakarta, Jumat, bantuan tersebut disalurkan rakyat Indonesia melalui Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) dan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan diterima secara resmi oleh Sekretaris Jenderal BSM Mesir Moamena Kamel.

Menurut Helmy Fauzy, bantuan tersebut merupakan bukti kedekatan hubungan historis kedua negara sejak Indonesia belum memperoleh kemerdekaan dan Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

"Bantuan tersebut merupakan bagian dari ungkapan kecintaan rakyat Indonesia kepada rakyat Mesir. Rakyat Indonesia akan membantu pihak-pihak yang memerlukan bantuan terlepas dari latar belakang agama, bangsa dan ras mereka. Mesir adalah negara yang sudah menjadi sahabat sejak kelahiran Indonesia," kata Helmy.

Kedua ambulan bantuan Indonesia dimaksud agar dapat digunakan untuk misi kesehatan dan kemanusiaan di wilayah kerja BSM Mesir cabang provinsi Gharbeya dan provinsi Beheira.

Kepala BSSM Cabang Gharbeya, Ayman Al Said menyatakan bahwa bantuan ambulan dari rakyat Indonesia akan berdampak besar terhadap peningkatan pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit milik BSMM Gharbeya.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016