Jakarta (ANTARA News) - Personel Polda Metro Jaya menahan sekitar 150 mahasiswa asal Papua lantaran memaksa berdemonstrasi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis.

"Pendemo menerobos barikade untuk berunjuk rasa di Bundaran HI," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Pusat, Ajun Komisaris Besar Polisi Tahan Marpaung, di Jakarta Kamis. Tidak ayal, polisi lalu menahan para mahasiswa itu. 

Marpaung mengatakan, mahasiswa demonstran itu berusaha berdemonstrasi di daerah yang terbatas untuk menyampaikan pendapat di muka umum.

Elemen mahasiswa itu berjalan kaki dari Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, di Jalan Diponegoro, menuju kawasan Bundaran Hotel Indonesia, pukul 10.00 WIB.

Para mahasiswa asal Papua itu juga membentangkan atribut bergambat bintang kejora. Marpaung menyebutkan petugas meminta pendemo mencabut atribut terlarang itu namun massa menerobos barisan petugas.

Karena mereka melawan, polisi lalu menyemprot mereka memakai air bertekanan tinggi dari mobil kanon air, guna membubarkan massa.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016