Samarinda (ANTARA News) - Gerakan Pemuda Ansor Kalimantan Timur menyiapkan lebih dari 5.000 anggota Banser untuk membantu pengamanan tempat ibadah pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

Sekretaris GP Ansor Kaltim Herman A Hasan kepada Antara di Samarinda, Senin, menyatakan telah menyiapkan anggota Banser di seluruh kabupaten/kota untuk melakukan pengamanan tempat ibadah saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

"Kami telah menyiapkan Banser untuk membantu pengamanan tempat ibadah pada perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Herman A Hasan.

Banser tersebut, kata Herman A Hasan akan ditempatkan di sejumlah gereja untuk membantu pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian dan TNI.

Sebelum mengerahkan Banser, katanya Ansor Kaltim akan berkoordinasi dengan pengurus tempat ibadah dan kepolisian.

"Tentu, kami terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak gereja dan kepolisian. Jika memang dibutuhkan, kami siap membantu melakukan pengamanan di gereja, baik sebelum Natal maupun pada saat tahun baru," ucap Herman A Hasan.

Sementara di Kota Samarinda sendiri sebagai Ibu Kota Provinsi Kaltim, G P Ansor akan mengerahkan 600 anggota Banser untuk membantu pengamanan sejumlah gereja.

Pengamanan tempat ibadah pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 oleh anggota Banser sebagai bentuk toleransi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani saat menjalankan ibadah.

Pengamanan tersebut, katanya sudah dilakukan GP Ansor setiap tahun pada setiap perayaan Natal dan Tahun Baru maupun pada hari besar keagamaan lainnya.

"Ini sebagai bentuk toleransi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada saudara kita yang menjalankan ibadah. Pengamanan gereja itu kami lakukan setiap tahun," jelasnya.

"Kami berharap, perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 berjalan aman dan kondusif dan tidak lagi ada gangguan seperti kasus bom tempat ibadah di Kota Samarinda beberapa waktu lalu. GP Ansor, siap membantu melakukan pengamanan agar Kaltim pada umumnya bisa tetap aman dan kondusif," kata Herman A Hasan.

Pewarta: Amirullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016