Jakarta (ANTARA News) - Saat ditawari kembali berperan jadi "Fahri" dalam sekuel "Ayat- Ayat Cinta", Fedi Nuril tidak langsung mengiyakan.

"Tetap pikir-pikir dulu karena sama sekali tidak tahu seperti apa kelanjutan ceritanya," kata Fedi di Jakarta, Senin.

Keraguannya untuk kembali ke film yang melambungkan namanya itu musnah ketika selesai membaca novel "Ayat-Ayat Cinta 2" karya Habiburrahman El Shirazy.

Menurut ayah beranak satu itu, jalur cerita di novel "Ayat-Ayat Cinta 2" berbeda dengan pendahulunya. Karakter Fahri yang dulu dilakoninya sudah berkembang jadi pria yang punya "motivasi yang mendunia".

"Dia berusaha untuk meluruskan pemahaman yang salah bahwa islam itu teroris," katanya.

Tak melulu soal kisah cinta, "Ayat-Ayat Cinta 2" punya unsur yang membuat penonton merasa dag dig dug.

"Ada semacam twist ala ala genre film thriller," imbuh Fedi.

Kejutan itu membuatnya semangat untuk kembali menjadi Fahri, pria alim yang berhadapan dengan poligami.

Kesuksesan film "Ayat-Ayat Cinta" yang tayang pada 2008 menjadi beban yang sedikit banyak dirasakan Fedi. Tentu ada ekspektasi sekuelnya juga harus mengikuti kesuksesan pendahulunya. 

Namun ia menyadari beban itu tidak boleh mengganggu fokusnya dalam berakting. Fedi akan memasrahkan diri pada hasil akhir, yang penting ia sudah berusaha memberikan penampilan terbaik.

"Kalau memang ternyata tidak sehebat yang pertama ya mungkin belum rezekinya yang penting kita harus semaksimal mungkin."

Ayat-Ayat Cinta 2 akan mulai memasuki masa syuting awal Juli mendatang. Sejumlah tempat yang nantinya akan menjadi lokasi syuting antara lain, Jakarta, Edinburgh (Skotlandia) dan Inggris. Film ini rencananya tayang di layar lebar pada Desember 2017.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017