Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan terbesar game dan media sosial China, Tencent Holdings Ltd, akan menerapkan batasan waktu bermain untuk pengguna muda mobile game populer mereka "Honour of Kings".

Seperti diberitakan Reuters, orang tua dan guru mengeluh anak-anak menjadi pecandu game multiplayer tersebut, yang kini dimainkan oleh lebih dari 200 juta orang.

Pemain berusia di bawah 12 tahun akan dibatasi bermain selama satu jam, sementara usia 12-18 dua jam sehari, kata Tencent.

Pemain berusia di bawah 12 tahun juga akan dilarang log in setelah jam 9 malam serta dibatasi berapa banyak mereka bisa berbelanja di game tersebut.

"Tidak ada larangan menikmati game online di China, tapi, kami putuskan untuk menjadi yang pertama dalam mengatasi kekhawatiran orang tua denga membuat batasan waktu," kata Tencent melalui akun resmi WeChat.

Tencent, yang memiliki lebih dari 200 game, juga akan meningkatkan platform pengawasan orang tua awal tahun ini agar lebih mudah memantau aktivtitas anak.

Menurut laporan perusahaan riset mobile data Jiguang, "Honour of Kings" merupakan permainan terpopuler di China selama beberapa bulan belakangan.

Jumlah pengguna aktifnya 163 juta pada Mei lalu. Lebih dari separuh pemain game tersebut berusia di bawah 24 tahun, dan sekitar seperempatnya di bawah 19 tahun.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017