Brussel (ANTARA News) - Pebalap MotoGP Australia Jack Miller akan absen pada Grand Prix Jepang bulan ini di Motegi setelah mengalami patah kaki kanan akibat kecelakaan saat latihan, kata timnya Marc VDS Honda pada Senin.

Miller mengalami patah pada bagian atas tibia ketika ia menurunkan kakinya untuk mengurangi benturan di kecepatan rendah saat berlatih dengan menggunakan sepeda motor trial di dekat markasnya di Eropa di Andorra Jumat silam, kata tim dalam pernyataannya.

Pebalap 22 tahun asal Queensland itu, yang akan meninggalkan tim yang bermarkas di Belgia itu untuk membela Pramac Ducati pada akhir musim, menjalani operasi di Barcelona pada Sabtu untuk memasukkan plat dan delapan sekrup.

"Miller telah dapat melakukan sejumlah gerakan pada kakinya yang cedera, namun akan kembali ke Andorra hari ini untuk memulai program fisioterapi yang intens yang dirancang untuk membuat ia dapat berkendara di Grand Prix Australia," kata timnya.

Putaran Australia dilangsungkan di Phillip Island dekat Melbourne pada 22 Oktober, akhir pekan setelah Jepang.

"Tentu saja saya kecewa dan frustrasi karena harus absen pada Grand Prix Jepang karena cedera yang didapat saat berlatih, khususnya karena itu bahkan bukan benturan keras," kata Miller.

Miller, pemenang di Belanda tahun lalu namun saat ini menghuni peringkat ke-12 di klasemen, merupakan pebalap ketiga yang mengalami cedera di luar trek pada beberapa pekan terakhir.

Pebalap Italia Valentino Rossi, juara dunia sembilan kali, mengalami patah kaki kanan saat berlatih menggunakan sepeda motor offroad pada akhir Agustus, sedangkan pebalap Britania Cal Crutchlow memerlukan operasi setelah otot tendonnya robek saat sedang memotong keju di rumahnya.

Pebalap Yamaha Rossi kembali membalap tiga pekan kemudian, finis di peringkat kelima di Spanyol pada 24 September.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017