IKEA akan bangun toko baru di Indonesia

IKEA akan bangun toko baru di Indonesia

IKEA Alam Sutera, Tangerang. (ANTARA FOTO/Lucky R)

Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan ritel furnitur dan perlengkapan rumah tangga asal Swedia, IKEA, berencana membangun toko baru di Indonesia, setelah beroperasi selama tiga tahun terakhir lewat satu-satunya toko di kawasan Alam Sutera, Tangerang.

Komisioner Perdagangan dan Manager Indonesia pada Dewan Perdagangan dan Investasi Swedia, Anders Wickberg, mengaku telah mengetahui rencana pembangunan toko baru tersebut dari pihak IKEA.

"Direktur IKEA Indonesia dalam waktu dekat akan meninjau beberapa lokasi diantaranya di Bandung dan Surabaya untuk pembukaan toko baru," kata dia kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Menurut Anders, IKEA sedikitnya akan membangun satu toko di Jakarta dan satu toko lain di Pulau Jawa.

"Karena Stockholm saja yang luasnya lebih kecil dari Jakarta punya tiga toko, jadi saya rasa Jakarta membutuhkan sedikitnya satu toko lagi," tuturnya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada Februari lalu mengungkap rencana pembukaan toko IKEA di kawasan Gedebage, Bandung, setelah berbincang dengan Duta Besar Indonesia untuk Swedia Bagas Hapsoro.

Sebelumnya juga diberitakan bahwa IKEA di bawah PT Hero Supermarket Tbk akan membuka toko IKEA kedua di kawasan Cakung, Jakarta Timur, setelah pembelian lahan tahun lalu.

Selain itu, IKEA juga akan membuka tiga titik distribusi e-commerce selain yang sudah ada di Sentul, Bogor.

Ritel furnitur terbesar dunia yang didirikan Ingvar Kamprad di Swedia pada 1943 itu kini memiliki 375 toko, lebih dari 150 ribu mitra bisnis di 47 negara, dan total penjualan lebih dari 30 miliar euro atau sekitar Rp476,8 triliun di seluruh dunia.

Dari seluruh produk IKEA yang dipasarkan di Indonesia, kata Anders, sekitar 30-40 persennya disuplai oleh produsen dalam negeri terutama dari Jawa Tengah. 

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar