Bekasi (ANTARA News) - Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Rahmat Effendi meyakini operasional Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dipastikan efektif mengurai titik kemacetan di persimpangan Kalimalang.

"Akan ada tarikan baru dari Kalimalang lewat jalan tol. Yang selama ini macet di Cawang bisa langsung lewat Kampung Melayu langsung masuk Kota Bekasi. Tol Becakayu ini bisa kurangi kemacetan di sejumlah persimpangan Jalan KH Noer Alie Kalimalang," katanya.

Hal itu dikatakan Rahmat usai menghadiri peresmian Seksi 1B dan 1C Tol Becakayu koridor Cipinang-Jakasampurna oleh Presiden Joko Widodo, Jumat pagi.

Persimpangan yang dimaksud adalah Simpang Curug, Simpang Bellymoon, Simpang Lampiri, Simpang Transito, Simpang Kincan, Simpang Caman dan Simpang Kranji.

Menurut dia, kemacetan di beberapa titik persimpangan itu diprediksi akan terurai dengan adanya pembagian volume kendaraan ke Tol Becakayu yang melintas di atas Kalimalang sepanjang 8,4 kilometer mulai dari Cipinang hingga Jakasampurna.

Namun demikian, Rahmat memprediksi kemacetan akan tetap terjadi di dua titik yang menjadi simpul pertemuan dua arus kendaran dari arah Jalan KH Noer Alie Kalimalang dan gerbang keluar Tol Becakayu.

Simpul tersebut adalah Simpang Galaxy yang menjadi gerbang masuk kendaraan menuju Cawang dan Simpang Sumber Artha yang menjadi gerbang keluar kendaraan dari arah Cawang menuju Kota Bekasi.

"Simpang Galaxy akan lebih macet nantinya. Sebelum ada akselerasi proyek Becakayu ke sisi timur," katanya.

Namun demikian, Rahmat sudah meminta jajaran Dinas Perhubungan setempat untuk mengerahkan 30 personelnya untuk menanggulangi kemacetan di lokasi itu.

Rahmat juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah atas terwujudnya proyek yang terbengkalai sejak 1996 itu.

"Becakayu ini sangat dinantikan oleh warga. Kami berterima kasih hari ini sudah diresmikan Presiden Joko Widodo," katanya. 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017