Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno akan merelokasi pedagang Pasar Gembrong yang tergusur pembangunan tol Becakayu (Bekasi, Cawang dan Kampung Melayu) yang sedianya berakhir di Kampung Melayu.

"Kita bisa berikan solusi relokasi, kita juga bisa buat penataan-penataan yang memastikan mereka juga lapangan pekerjaannya terselamatkan," kata Sandiaga di Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin, tanpa merinci lebih jauh.

Dia menyatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah berkoordinasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kontraktor pembangunan dan Kementerian PUPR mengenai pembangunan Tol Becakayu.

Koordinasi dibutuhkan demi menjamin lapangan kerja para pedagang yang terancam tergusur akibat pembangunan jalan bebas hambatan tersebut, kata Sandiaga.

"Tentunya kita tidak ingin proyek infrastruktur mematikan lapangan pekerjaan dan perekonomian, khususnya yang di akar rumput," kata Sandiaga.

Dia berharap pembangunan infrastruktur tak mengganggu roda perekonomian masyarakat ibu kota. Dan untuk itu, dia menjanjikan relokasi untuk pedagang yang tergusur.

"Itu yang kita harapkan supaya proyek infrastrukturnya bisa jalan, tapi peluang usaha, khususnya usaha kecil menengah, UKM, juga kita akan dorong dan bantu," kata Sandiaga.




Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018