Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional 3X3 putri Indonesia diharapkan bisa menduduki setidak-tidaknya peringkat empat di Piala 3X3 Asia FIBA 2018 yang digelar 29 April-1 Mei 2018 di Shenzen, China, kata manajer timnas 3X3 Indonesia Fareza Tamrella.

"Kami berharap timnas putri paling tidak masuk semifinal," ujar Fareza ketika dihubungi dari Jakarta, Jumat.

Di kejuaraan yang babak utamanya diikuti 12 negara tersebut, timnas 3X3 putri Indonesia asuhan pelatih Wahyu Widayat Jati bergabung di Pul B bersama Yordania dan Taiwan.

Berbeda dengan timnas putri, timnas 3X3 putra Indonesia harus melewati babak kualifikasi.

"Untuk timnas putra, kami menargetkan lolos kualifikasi dahulu," tutur Fareza.

Kualifikasi Piala 3X3 Asia FIBA 2018 digelar pada 27-28 April 2018 dan diikuti 12 tim yang dibagi ke dalam dua pul. Indonesia berada di Pul B bersama Australia, Iran, Samoa, Guam dan Hong Kong.

Jika ingin lolos ke babak utama, timnas 3X3 putra Indonesia harus menjadi juara pul karena hanya dua tim terbaik kuaifikasi di masing-masing pul yang berhak masuk ke babak utama.

Sementara, terkait pemain yang tampil di turnamen tersebut, Fareza menyatakan timnas Indonesia akan menurunkan pemain U-23 yang disiapkan untuk Asian Games 2018.

Timnas putra yang dilatih oleh Fandi Andika Ramadhani akan beranggotakan empat orang yang dipilih dari enam pemain peserta TC kedua timnas 3X3 menjelang Asian Games 2018 yaitu Rivaldo Tandra, Erick Gosal, Reza Guntara, Reggie Mononimbar, Henry Lakay dan Vincent Kosasih.

Untuk timnas putri, sampai saat ini pihak Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) belum memiliki enam nama pasti yang bisa dipilih untuk Piala Asia.

Sebab, Perbasi masih menggodok dua nama yang akan menggantikan posisi dua pemain yang memperkuat timnas putri di TC pertama pada 8-13 Januari 2018 yaitu Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Regita Pramesti, Dora Lovita, Jovita Elisabeth, Lea Kahol dan Delaya Maria.

Namun, Fareza memastikan nama-nama yang diikutsertakan di Piala 3X3 Asia belum bisa dipastikan menjadi bagian dari delapan pemain, masing-masing empat pemain timnas putra dan putri, yang memperkuat Indonesia di Asian Games 2018.

"Keempat nama itu akan diputuskan pada Juni 2018 untuk selanjutnya dibawa menjalani TC di Belanda atau Serbia," kata pria yang akrab disapa Mocha tersebut.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018