Jakarta (ANTARA News) - Polri menyampaikan terima kasih kepada TNI dan seluruh stakeholder terkait serta kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama ikut menciptakan situasi yang kondusif pada arus mudik tahun 2018 dan H-1 menjelang hari raya Idul Fitri.

"Situasi Kamtibmas dilaporkan sampai dengan hari ini (14/6) secara keseluruhan Alhamdulillah terpantau aman, kondusif dan lancar," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto di Jakarta, Kamis.

Hingga saat ini Polri, TNI dan pihak stakeholder terkait akan terus berada di jalur mudik dan non mudik, berpatroli dari kota dan sambang ke kampung-kampung untuk memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman terbaik, menjelang lebaran dan pasca lebaran nanti, katanya.

"Kegiatan pemantauan akan terus dilaksanakan hingga pasca lebaran nanti. Dengan harapan memberikan jaminan kepada masyarakat agar  dapat memperingati hari raya Idul Fitri dengan aman dan tentram," kata Setyo.

Polri menjamin keamanan selama lebaran tahun 2018 dengan memperketat pengamanan obyek-obyek vital, sentra-sentra ekonomi, tempat-tempat wisata dan rumah-rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya, katanya.

"Agar seluruh masyarakat dapat mudik dan bersilahturahmi dengan keluarga selama lebaran dan kami yang menjaga Kamtibmas dengan rekan-rekan TNI dan seluruh stakeholder terkait," kata Setyo.

Hasil laporkan harian situasi Kamtibmas Ops Ketupat 2018 pada hari ke 7 (H-2) Rabu, (13/06) dengan rincian pada gangguan Kamtibmas telah terjadi 417 kejadian terdiri dari pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor dan penganiayaan berat.

Pada laka lantas sampai dengan hari ini telah terjadi sebanyak 899 kejadian, hal ini mengalami penurunan sebanyak 420 kejadian dari tahun 2017 yaitu sebanyak 1.319 kejadian.

Dengan korban meninggal dunia pada tahun 2018 sebanyak 193 orang sedangkan pada tahun 2017 dengan korban meninggal dunia sebanyak 478 orang, hal ini mengalami penurunan sebanyak 285 korban jiwa, sedangkan untuk pelanggaran lalu lintas telah terjadi sebanyak 79.981 pelanggaran.

Baca juga: Polri siapkan 3.097 pos pengamanan selama operasi ketupat
Baca juga: TNI dan polisi beri rasa aman saat mudik

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018