Samarinda (ANTARA News) - Indonesia berencana mengirimkan lima atlet anggar nasional yang tergabung dalam tim nasional Asian Games 2018 untuk mengikuti kejuaraan dunia anggar yang berlangsung di Shanghai, China, 16-19 Juli mendatang.

Ketikut sertaan para atlet tersebut, kata Manajer Timnas Anggar Indonesia Muslimin, sebagai evaluasi dan ajang tolok ukur kemampuan jelang Asian Games 2018.

Pihaknya mengharapkan timnas anggar Indonesia punya pengalaman bertanding di level Internasional, utamanya menghadapi tim dari Negara Eropa dan Benua Amerika.

"Kalau tidak ada halangan kami akan ke Shanghai mengikuti kejuaraan dunia, ini bagus untuk menempa mental tanding para atlet, sebab selama ini mereka sudah fokus latihan, tinggal bagaimana diaplikasikan ke pertandingan," ucap Muslimin di Sekretariat KONI Kalimantan Timur, Samarinda, Senin.

Muslimin menjelaskan jumlah atlet yang dikirimkan ke Negeri Tirai Bambu tersebut memang terbatas karena minimnya anggaran sehingga dipertimbangkan hanya memberangkatkan atlet terbaik Indonesia yang berpotensi meraih medali di Asian Games 2018 mengacu pada ranking selama masa latihan.

Baca juga: Lima negara turut Kejuaraan Internasional Anggar Jawa Barat

Baca juga: Anggar pilih latihan di Seoul

Baca juga: Ikasi siap umumkan 24 atlet masuk Pelatnas Asian Games


Lima atlet tersebut menurut Musliminn diantaranya Zulfikar flouret putra, Merry dan Aini flouret putri, kelas sabel Pitri, Diah dan atlet asal Kaltim Gaby Novitha.

"Sejauh ini yang kami siapkan ada 4-5 orang untuk kejuaraan Dunia. Mereka dilihat dari ranking 1-2 selama latihan. Untuk atlet Kaltim, Gaby Novitha saat ini cukup meningkat performanya meskipun usianya terbilang muda. Gaby ini peringkat satu kelas sabel putri untuk sementara," tutur Muslimin.

Sementara itu untuk atlet yang tidak berangkat ke Tiongkok para pelatih timnas sudah menyiapkan agenda latihan khusus.

Ia menegaskan bahwa program latihan tetap harus intensif, mengingat Asian Games hanya tinggal sebulan lagi, terlebih timnas Anggar dibebankan minimal meraih satu medali emas di Asian Games 2018.

Pewarta: Arumanto
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018