Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dipastikan mendapatkan satu gelar turnamen sirkuit putri bertajuk PT PP Women’s Circuit International Tennis 2018 nomor ganda melalui Rifanty Kahfiani yang berpasangan dengan pemain Jepang Ayaka Okuno yang sukses menundukkan pasangan kembar tuan rumah, Fitriana Sabrina/Fitriani Sabatini.

Berdasarkan keterangan yang diterima dari Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) di Jakarta, Jumat malam, dalam pertarungan final yang dihelat di lapangan tenis Gelora Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat, duo Indonesia-Jepang itu menang "straight set" dalam pertandingan yang berlangsung hanya dalam waktu 57 menit dan berkesudahan 6-4, 6-0.

"Kami gembira bisa menjadi juara di Solo, meski baru pertama kali bermain bersama,” tutur Rifa yang memutuskan berpasangan dengan Okuno pada saat-saat akhir pendaftaran pemain ganda di awal pekan ini tersebut.

Indonesia berpeluang meraih gelar berikutnya di nomor tunggal turnamem yang berhadiah total 15.000 dolar AS atau sekitar Rp210 juta itu melalui salah satu petenis andalan Indonesia, Aldila Sutjiadi (23) yang berhasil melangkah ke putaran akhir turnamen Jumat ini.

Petenis berperingkat 751 dunia yang menjadi unggulan keempat turnamen itu, sukses memenangi laga semifinal atas unggulan lima asal India, Mahak Jain melalui pertarungan rubber set berdurasi dua jam 19 menit dengan kedudukan akhir 7-6(0), 2-6, 6-3.

"Lawan bermain bagus, ulet dan tidak mudah dimatikan. Setelah menang set pertama, saya sempat kehilangan fokus dan tertinggal cepat hingga akhirnya kalah di set kedua," tutur Aldila.

"Titik baliknya saat ketinggalan 1-3 di set penentuan, saya hanya berpikir yang penting tidak memberi poin gratis untuk lawan. Ternyata berhasil dan justru lawan banyak membuat kesalahan sendiri," ujar pemain yang akan membela Merah Putih di perhelatan Asian Games 2018 ini menambahkan. 

Pada final kejuaraan, Aldila bakal terlibat bentrok dengan wakil China, Zhima Du yang berjaya menekuk Mana Ayukawa dari Jepang) dengan dua set langsung 6-3, 6-4.

"Meski belum pernah berhadapan di lapangan, saya sudah mempunyai gambaran permainan lawan. Namun saya harus mengambil kesempatan untuk menekannya sedari awal agar permainan lawan tak berkembang," ucap Aldila menjelang pertarungan final turnamen ITF Pro Circuit pertama sepanjang karier tenisnya itu.

Berikut hasil pertandingan turnamen PT PP Women’s Circuit International Tennis 2018 pada Jumat (13/7):
Tunggal
1. Aldila Sutjiadi (4/Indonesia) - Mahak Jain (5/India)  7-6(0), 2-6, 6-3
2. Zhima Du (China) - Mana Ayukawa (Jepang)  6-3, 6-4

Ganda
Rifanty Kahfiani/Ayaka Okuno (Indonesia/Jepang) - Fitriana Sabrina/Fitriani Sabatini (Indonesia)  6-4, 6-0

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018