Makassar (ANTARA News) - Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan mengatakan sebagian besar pendaftar mahasiswa baru jalur mandiri memilih program studi kedokteran pada pendaftaran calon mahasiwa Tahun Akademik 2018/2019 yang ditutup pada Sabtu ini.

Kepala Unit Humas dan Protokoler Universitas Hasanuddin Ishaq Rahman di Makassar, Sabtu, mengatakan dari jumlah pendaftar yang mencapai 2.847 orang hingga pukul 08.00 Wita, 784 pendaftar di antaranya memilih pendidikan kedokteran.

"Untuk pendidikan kedokteran Unhas hanya memiliki daya tampung 60 mahasiswa. Namun saat ini sudah begitu membludak pendaftarnya," kata dia.

Selain pendidikan kedokteran, para pendaftar jalur mandiri juga mendaftar di ilmu umum sebanyak 292 pendaftar (daya tampung 81), pendidikan kedokteran gigi sebanyak 264 pendaftar (daya tampung 25), manajemen sebanyak 128 pendaftar (daya tampung 30) serta teknik sipil yang sampai pagi tadi miliki 120 pendaftar dengan daya tampung hanya 25 orang.

Jalur Mandiri Unhas terdiri atas Jalur Non Subsidi (JNS), Jalur Prestasi Olah Raga, Seni dan Keilmuan (POSK), Kelas Internasional, dan Prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan China.

Sebagian besar peserta memilih Jalur Non Subsidi yang mencapai 2.588 pendaftar.

Meskipun JNS dikenakan Dana Pengembangan yang besarnya bervariasi, jumlah peminat relatif besar. Daya tampung untuk Jalur Mandiri Unhas 1.442 kursi tersebar di 60 prodi dengan besaran berbeda-beda.

Baca juga: Unhas gandeng Kodam tangkal radikalisme

Ia menjelaskan dari jumlah 2.847 pendaftar, 252 di antaranya mendaftar melalui jalur prestasi (POSK).

Setelah pendaftaran berakhir, selanjutnya panitia penerimaan jalur mandiri Unhas akan mengadakan seleksi berdasarkan hasil SBMPTN para pendaftar. Pengumuman yang memenuhi syarat untuk tes selanjutnya akan disampaikan pada 19 Juli 2018.

Bagi pendaftar yang memenuhi syarat akan mengikuti tes psikologi pada 24 Juli 2018 dan wawancara pada 25 Juli 2018.

Sehubungan dengan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri itu, diharapkan para peserta selalu merujuk pada sumber informasi resmi, yaitu website resmi http://unhas.ac.id/pmb.

Baca juga: Mensos motivasi 4.500 orang mahasiswa KKN Unhas

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018