Lagi-lagi Indonesia kalah di Piala William Jones

Lagi-lagi Indonesia kalah di Piala William Jones

Logo turnamen Piala William Jones 2018, di Taiwan, turnamen edisi ke-40 dari ajang yang digelar untuk mengenang salah satu pendiri Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) Renato William Jones. (jonescup.choxue.com)

Blitar, Jawa Timur (ANTARA News) - Tim nasional bola basket putra Indonesia yang disiapkan untuk Asian Games 2018 lagi-lagi menderita kekalahan dalam laga lanjutan Piala William Jones ke-40 di Taiwan, usai takluk 78-89 dari klub Filipina Ateneo.

Dipantau dari laman resmi Piala William Jones di Blitar, Jawa Timur, Kamis, hasil itu merupakan kekalahan kelima Indonesia yang sejauh ini baru memenangi satu dari enam laga yang dijalani dan untuk sementara berada di peringkat ketujuh dari sembilan peserta.

Sebelum takluk dari Ateneo, mereka dikandaskan oleh timnas Korea Selatan (dengan skor 86-92), tim 3D Globar Sports Kanada (59-88), timnas Jepang (55-88) dan Lithuania (68-83). Satu-satunya kemenangan Indonesia diraih dari laga kontra tim Taiwan B dengan skor 87-75.

Adapun dalam pertandingan melawan Ateneo, pelatih timnas bola basket Indonesia Fictor Roring menurunkan pemain asal Amerika Serikat Kore White sebagai starter, bersama Kaleb Ramot, Abraham Damar, Ponsianus Nyoman Indrawan dan point guard Andakara Prastawa.

Sementara small forward andalan timnas Arki Dikania Wisnu dan center Firman Dwi Nugroho tidak diturunkan dalam laga tersebut.

Indonesia bermain cukup apik di kuarter pertama. Kaleb Ramot berhasil membuat sembilan poin meski pada akhirnya tim Merah Putih tertinggal 19-24 di akhir kuarter.

Indonesia bangkit di kuarter kedua. Point guard senior Xaverius Prawiro muncul dari bangku cadangan, mencetak sembilan poin untuk membawa Indonesia menyelesaikan babak pertama dengan keunggulan 44-41.

Di kuarter ketiga, Ateneo kembali meninggalkan Indonesia. Big man mereka George Isaac Go melesakkan 11 poin di kuarter tersebut dan membawa timnya berbalik memimpin 76-62 ketika kuarter itu tuntas.

Indonesia tidak bisa mengejar ketinggalan di kuarter keempat, dan akhirnya harus mengakui kekalahan dari Ateneo dengan skor 78-89.
 

Indonesia sendiri menyisakan dua pertandingan di Piala William Jones ke-40 yakni menghadapi timnas Taiwan A pada Jumat (20/7) dan timnas Iran, Sabtu (21/7).

Sebagai informasi, Piala William Jones digelar sejak tahun 1977 di Taiwan untuk mengenang salah satu pendiri Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) Renato William Jones.

Piala William Jones pada tahun 2018 merupakan edisi yang ke-40 dan menjadi turnamen terakhir yang diikuti timnas bola basket putra Tanah Air menjelang Asian Games 2018 di Indonesia yang secara resmi dibuka pada 18 Agustus 2018.

Baca juga: Kalahkan Singapura, Indonesia sapu bersih lima laga prakualifikasi Piala Asia 2021

Baca juga: Center timnas basket putra optimistis pulih dari cedera

Baca juga: Adhi Pratama masyarakatkan bola basket melalui youtube

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar