counter

PLN bangun lagi pembangkit gas di beberapa kota Papua

PLN bangun lagi pembangkit gas di beberapa kota Papua

Presiden Joko Widodo memanggil warga menjelaskan kondisi listrik di Papua saat meresmikan PLTMG di Kabupaten Nabire, Rabu (20/12/2017). (ANTARA News/Joko Susilo)

Kami memastikan venue-venue PON 2020 aman dari sisi kelistrikan
Timika (ANTARA News) - PT PLN (Persero) Wilayah Papua dan Papua Barat (PWP2B) akan membangun lagi pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) berskala 10-50 MW di beberapa kota Papua.

Asisten Analis Komunikasi PWP2B Septian Pujianto ketika dihubungi dari Timika, Papua, Rabu, mengatakan beberapa proyek, yang sedang dikerjakan itu adalah PLTMG Merauke dan PLTMG Biak dengan masing-masing berkapasitas 10 MW.

Sementara, proyek PLTMG Timika berkapasitas 50 MW belum mulai dikerjakan lantaran menunggu rampungnya izin pinjam pakai kawasan hutan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Saat ini,sudah dua PLTMG beroperasi yaitu Nabire berkapasitas 20 MW dan Jayapura 50 MW. Lalu, dalam waktu dekat ini akan beroperasi lagi PLTMG Sorong berkapasitas 50 MW," jelas Septian.

Pembangunan PLTMG di Papua dan Papua Barat itu, katanya, juga mendukung penyelenggaraan pesta olahraga PON ke-20 pada 2020 yang dilaksanakan di Papua.

Sejumlah kota besar di Papua dan Papua Barat seperti Jayapura, Timika, Manokwari, Biak, Merauke, dan Sorong kini tengah bersiap menjadi kota penyelenggara hajatan olahraga tingkat nasional empat tahun sekali itu.

"Kami memastikan venue-venue PON 2020 aman dari sisi kelistrikan," kata Septian.

PWP2B juga mengimbau para investor yang ingin membuka usaha di Papua agar tidak lagi memikirkan soal ketersediaan daya listrik, sebab saat ini PLN Papua dan Papua Barat mengalami surplus daya.

"Pemadaman listrik terjadi karena gangguan alam atau karena mesin-mesin harus pemeliharaan sebab hampir seluruhnya mengandalkan pembangkit diesel. Itu yang kerap terjadi di Papua dan Papua Barat. Jadi, bukan karena defisit. Kami yakinkan ke seluruh masyarakat bahwa di Papua dan Papua Barat saat ini surplus daya," ujar Septian.

Baca juga: Presiden targetkan seluruh Papua terang benderang 2018
Baca juga: PLN siap alirkan listrik ke 365 desa di Papua

 

Pewarta:
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar