Distribusi Android: Oreo naik, Pie masih tidak terlihat

Distribusi Android: Oreo naik, Pie masih tidak terlihat

Google resmi meluncurkan Android 9 Pie (twitter.com/android)

Jakarta (ANTARA News) - Google melewatkan melaporkan statistik terbaru untuk akhir Agustus mengenai tren adopsi Android, di mana sebagian besar jumlah Android versi lama turun, berlawanan dari versi yang baru.

Dikutip dari GSM Arena, Senin, dibandingkan bulan lalu, Android 8.0 dan 8.1 dilaporkan naik lebih dari dua poin persentase dari 12,1 persen hingga 14,6 persen, yang mungkin terkait langsung dengan perangkat Oreo yang baru dijual.

Menariknya, hal yang sama juga terjadi pada Android Nougat 7.0 dan 7.1, meskipun ada penurunan kecil dari perangkat 7.0 dan peningkatan tren perangkat 7.1. Terlepas dari hal itu, Nougat memiliki pangsa pasar 30,8 persen.

Google tidak menampilkan versi Android dengan distribusi kurang dari 0,1 persen, yang mungkin menjelaskan mengapa Android Pie 9.0 tidak masuk dalam grafik. Android terbaru itu saat ini baru berjalan di Esensial PH-1, Sony Xperia XZ3 dan Google Pixel.

Sementara itu, Marshmallow turun dari 23,5 persen menjadi 22,7 persen. Hal yang sama juga berlaku untuk Lollipop yang turun dari 20,4 persen ke 19,2 persen.

Baca juga: Google resmi rilis Android 9 Pie

Baca juga: Yahoo rilis aplikasi Android serbaguna

Baca juga: Apple Music segera tampilkan integrasi Android Auto

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar