Cikarang, Jawa Barat (ANTARA News) - Asisten pelatih sementara tim nasional sepak bola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mendesak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) segera menunjuk pelatih kepala timnas Indonesia.

"Idealnya harus cepat ditentukan pelatih kepalanya karena Piala AFF 2018 tinggal dua bulan lagi. Itu waktu yang cukup sempit," ujar Kurniawan usai mendampingi Timnas Indonesia mengalahkan Mauritius 1-0 dalam laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Selasa malam.

Posisi pelatih timnas Indonesia memang tengah lowong usai kontrak pelatih sebelumnya, Luis Milla habis pada Agustus 2018.

PSSI sendiri sudah menawarkan Milla perpanjangan kontrak selama setahun sampai tahun 2019, tetapi pelatih asal Spanyol itu belum memberikan jawaban. 

Padahal, keberadaan seorang pelatih kepala yang berstatus tetap sangat diperlukan karena Indonesia akan berlaga di Piala AFF 2018, 8 November-15 Desember 2018 dan ditargetkan menjadi juara di turnamen tersebut. 

Baca juga: Indonesia taklukkan Mauritius 1-0

Baca juga: Indonesia atasi Mauritius karena bermain sabar


Saat ini, timnas Indonesia masih ditangani oleh dua pelatih sementara (ad interim) Danurwindo dan Bima Sakti yang dibantu beberapa nama sebagai asisten pelatih termasuk Kurniawan.

Meski belum ada kepastian terkait pelatih timnas, Kurniawan masih mempertahakan optimismenya terhadap timnas yang dianggapnya memiliki pondasi kuat dengan keberadaan para pemain U-23 asuhan Luis Milla di Asian Games 2018.

"Jadi uji coba melawan Mauritius hanya menambahan pemain senior. Pelatih Bima Sakti juga memberikan program latihan yang sesuai dengan instruksi Luis Milla," tutur dia.

Baca juga: Febri Gariyadi beberkan sosok Luis Milla

Baca juga: Untuk perpanjang kontrak, PSSI berharap Luis Milla segera ke Indonesia

Baca juga: PSSI perpanjang kontrak Luis Milla hingga 2019

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018