counter

Gempa 5,4 SR guncang Aceh Barat

Gempa 5,4 SR guncang Aceh Barat

Warga memperlihatkan dinding pagar beton yang retak dan miring akibat gempa di Desa Bangkeh Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Aceh, Jumat (9/2/2018). Data sementara BPBD Kabupaten Pidie, Gempa berkekuatan 5,3 pada Skala Ricter yang terjadi Kamis (9/2/2018) sore tersebut mengakibatkan puluhan rumah, dua masjid, lima unit sekolah dan puskesmas rusak berat, sedang serta ringan. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Sepertinya gempa kali ini agak unik, karena terasa 'ngayun' sama banting
Banda Aceh (ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Senin tengah malam, pukul 23.26 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata I`e di Aceh Besar, Senin menyebutkan titik episentrum atau pusat gempa berlokasi 3,91 lintang utara, dan 95,76 bujur timur.

Gempa bumi ini terjadi di laut dengan jarak sekitar 74 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Singkil dengan memiliki kedalaman 25 kilometer.

Hingga berita diturunkan, belum ada laporan akibat gempa kali ini memicu tsunami di wilayah daratan terutama di pesisir barat provinsi tersebut.

Cutbang Frizy (45), warga Meulaboh, Aceh Barat mengaku, gempa bumi terjadi di tengah malam terasa sangat kuat.

"Di Meulaboh agak kuat (terasa), seperti bantingan atas bawah," katanya.

"Sepertinya gempa kali ini agak unik, karena terasa 'ngayun' sama banting," kata Cutbang.

Baca juga: Pelajar Aceh Barat latihan hindari dampak tsunami

Baca juga: Aceh miliki dua stasiun geofisika

 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kebakaran hutan gambut di Aceh Barat meluas

Komentar