counter

Intel resmi umumkan modem 5G smartphone

Intel resmi umumkan modem 5G smartphone

Ilustrasi pengembangan teknologi seluler generasi kelima (5th Generation/5G). (applegazette)

Jakarta (ANTARA News) - Intel mengumumkan modem XMM 8160 5G, modem multimode yang dioptimalkan untuk menyediakan konektivitas 5G ke ponsel, PC dan broadband access gateways.

Intel mempercepat waktu peluncuran modem tersebut setengah tahun lebih awal. Modem tersebut akan mendukung kecepatan puncak hingga 6 gigabit per detik, yang diklaim tiga hingga enam kali lebih cepat daripada modem LTE terbaru yang tersedia saat ini.

Modem ini akan tersedia pada paruh kedua tahun 2019 dan akan memberikan fitur dan pengalaman untuk mempercepat adopsi 5G secara luas.

"Modem Intel XMM 8160 5G yang baru memberikan solusi ideal untuk mendukung volume besar untuk penskalaan di beberapa kategori perangkat bertepatan dengan penyebaran 5G yang luas," kata Intel corporate vice president and general manager of the Communication and Devices Group, Dr. Cormac Conroy, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

"Kami melihat permintaan besar untuk rangkaian fitur lanjutan dari XMM 8160, sehingga kami membuat keputusan strategis untuk menarik peluncuran modem ini setengah tahun untuk memberikan solusi 5G terkemuka," sambung dia.

Intel XMM 8160 merupakan modem multimode, yang berarti akan mendukung standar baru untuk 5G New Radio (NR), termasuk standalone (SA) dan non-standalone (NSA), serta radio lama 4G, 3G dan 2G dalam satu chipset.

Dengan kemampuan baseband multimode chip tunggal, modem Intel XMM 8160 5G akan memungkinkan produsen perangkat untuk mendesain perangkat yang lebih kecil dan lebih hemat daya.

Solusi multimode Intel yang terintegrasi mendukung konektivitas simultan (EN-DC) untuk LTE dan 5G juga dinilai penting karena perangkat jaringan seluler 5G harus kompatibel ke 4G jika 5G tidak tersedia kapan saja atau di lokasi mana pun.

Modem ini menawarkan teknologi yang diperlukan untuk mendukung spektrum gelombang milimeter baru (mmWave) serta dukungan sub 6 GHz 5G NR (termasuk pita FDD dan TDD dari 600 MHz hingga 6 GHz) dan kecepatan pengunduhan hingga 6 Gbps.
 
Modem Intel XMM 8160 5G rencananya akan meluncur pada paruh kedua 2019. Perangkat komersial yang menggunakan modem Intel XMM 8160 5G t telepon, PC dan broadband access gateways diharapkan akan tersedia di paruh pertama 2020.

Baca juga: iPhone 5G pakai chip Intel beredar pada 2020?

Baca juga: Percepat jalur menuju 5G, Intel gandeng sejumlah vendor

Baca juga: Mediatek kembangkan chipset 5G

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar