counter

Timnas basket panggil 12 pemain untuk prakualifikasi Piala Asia 2021

Timnas basket panggil 12 pemain untuk prakualifikasi Piala Asia 2021

Pebola basket Indonesia, Arki Dikania Wisnu (kiri) melakukan drive melewati pemain Jepang Atsuya Ota di pertandingan babak klasifikasi bola basket putra Asian Games ke-18 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (31/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyudin)

Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional bola basket putra Indonesia Fictor Roring memanggil 12 pemain untuk melakoni fase prakualifikasi wilayah timur Piala Asia FIBA 2021 di Thailand pada 26 November-1 Desember mendatang.

Ke-12 pemain tersebut, lanjut Fictor, akan berkumpul pada pekan ketiga November sebelum bertolak ke Thailand.

"Dari 12 pemain tersebut, lima orang merupakan pemain Satria Muda, empat pemain Pelita Jaya dan tiga pemain Stapac," ujar Fictor ketika ditemui di Jakarta, Rabu.

Pelatih yang akrab disapa Ito itu tidak merinci siapa saja pemain tersebut, namun memastikan nama-nama tersebut tidak jauh dari skuat Asian Games 2018.

Fictor hanya membeberkan ada tiga pemain yang tidak berlaga di Asian Games 2018 yang akan ikut pra-kualifikasi Piala Asia 2021 ke Thailand yakni Avan Seputra, Hardianus Lakudu dan Agassi Goantara. 

Khusus Agassi, ini adalah pemanggilan perdananya ke tim nasional setelah menjalani Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2017-2018 sebagai pemain debutan Stapac Jakarta.

Ditemui terpisah, Hardianus mengaku bersyukur kembali dipanggil ke tim nasional, setelah terakhir kali turut membantu skuat Merah Putih meraih medali perak SEA Games 2017 di Malaysia.

"Saya bersyukur masih dipercaya bermain di timnas. Saya tentu akan memberikan yang terbaik dan membuktikan diri pantas berada di tim nasional," kata point guard andalan Satria Muda tersebut.

Baca juga: Indonesia lolos ke putaran kedua pra-kualifikasi Piala Asia FIBA 2021

Fase prakualifikasi wilayah timur Piala Asia FIBA 2021 diikuti oleh tujuh negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, Macau, Guam dan Fiji.

Indonesia berada di Grup A bersama Malaysia dan Macau, sementara di Grup B terdapat Singapura, Fiji dan Guam mendampingi tuan rumah Thailand.

Sebanyak empat tim terbaik akan lolos ke babak kualifikasi yang bakal diikuti 24 tim untuk memperebutkan 16 tiket putaran final Piala Asia 2021.

Indonesia membidik kelolosan ke Piala Asia 2021 demi bisa tampil di Piala Dunia 2023, saat berstatus tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

FIBA mewajibkan Indonesia berada di posisi delapan besar Piala Asia 2021 agar dapat tampil di putaran final Piala Dunia 2023.

Baca juga: Resmi, Indonesia tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023

Baca juga: Persiapan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia FIBA tuai pujian

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar