Jakarta (ANTARA News) - Porto memastikan diri menjuarai Grup D Liga Champions seusai membekap FC Schalke dengan skor 3-1 dalam laga kelima penyisihan grup di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Kamis pagi WIB.

Kemenangan tersebut diperoleh Porto berkat gol-gol yang dicetak Eder Militao, Jesus Corona dan Moussa Marega, sedangkan Nabil Bentaleb membalas untuk Schalke, demikian laman resmi UEFA.

Tambahan tiga poin di hadapan publiknya sendiri membuat tim besutan Sergio Conceicao itu mantap memimpin klasemen Grup D dengan koleksi 13 poin, mengungguli Schalke (8) di urutan kedua.

Kedua tim sebelumnya sudah terlebih dulu dipastikan lolos ke 16 besar Liga Champions setelah pertandingan lain yang berlangsung lebih awal berakhir dengan kemenangan Lokomotiv Moskow (3) atas Galatasaray (4).

Baca juga: Lokomotiv Moskow tundukkan Galatasaray buat Porto dan Schalke melaju

Selepas pertandingan babak pertama berakhir imbang tanpa gol, Porto kembali keluar menyerang di awal babak kedua dan hanya membutuhkan 10 menit untuk mencetak dua gol.

Eder Militao membuka keunggulan Porto pada menit ke-52 lewat situasi sepak pojok yang melewati kerumunan pemain di dalam kotak penalti, namun disambut Oliver Torres di tepian.

Bola lantas dikirim kembali ke tengah kotak penalti, yang berhasil disambut Eder dengan tandukan mengarah ke sudut gawang tak mampu dijangkau kiper Ralf Fahrmann.

Tiga menit berselang, Porto menggandakan keunggulan mereka lewat aksi kerja sama menawan antara Corona dan Yacine Brahimi. Corona lantas berlari memasuki kotak penalti, melewati jegalan satu pemain bertahan Schalke sebelum melepaskan tendangan terarah demi mengubah skor menjadi 2-0.

Kendati memperoleh beberapa peluang Porto belum mampu memperbesar keunggulan mereka lagi, sampai pada akhirnya justru Schalke yang berhasil mencetak gol balasan lewat eksekusi penalti Bentaleb pada menit 89 setelah Oliver Torres menyentuh bola di area terlarang.

Porto sempat menyarangkan bola ke gawang Schalke lagi pada menit 90+2, namun Marega terlanjur berada dalam posisi offside ketika ia menyambut umpan tarik.

Namun dua menit kemudian, Marega resmi mencatatkan namanya di papan skor setelah lolos dari jebakan offside demi menerima umpan terobosan dari Otavio dan melepaskan tendangan ungkit melewati kepala Fahrmann yang meninggalkan sarangnya.

Baca juga: Dortmund pastikan tiket 16 besar walau main nirgol kontra Brugge

Baca juga: Napoli pupus asa Red Star ke 16 besar


Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Porto (4-3-3): Iker Casillas; Maxi Pereira, Felipe, Eder Militao, Alex Telles; Hector Herrera (Hernani), Danilo Pereira, Oliver Torres; Jesus Corona (Otavio), Moussa Marega, Yacine Brahimi (adrian)
Pelatih: Sergio Conceicao

FC Schalke (4-4-1-1): Ralf Fahrmann; Daniel Caligiuri (Alessandro Schoepf), Naldo, Matija Nastasic, Hamza Mendyl; Steven Skrzybski (Amine Harit), Omas Mascarell, Benjamin Stambouli (Sebastian Rudy), Yevhen Konoplyanka; Nabil Bentaleb; Franco Di Santo
Pelatih: Domenico Tedesco

Baca juga: Gol semata wayang Eriksen bawa Tottenham atasi Inter

Baca juga: PSG tundukkan Liverpool 2-1, perbesar asa lolos ke 16 besar

Baca juga: Messi cetak gol dan assist, Barcelona pecundangi PSV di kandang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018