Jakarta (ANTARA News) - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta selain mengerahkan ribuan petugas kebersihan serta kendaraan-kendaraan pembersih dan pengangkut sampah juga akan membagikan kantong-kantong sampah untuk memastikan wilayahnya bebas sampah usai malam perayaan menyambut Tahun Baru.

Dinas berencana menggandeng komunitas peduli lingkungan dan Pramuka untuk membagikan kantong-kantong sampah kepada para pedagang dalam aksi simpatik menjelang malam Tahun Baru.

"Pengunjung dan pedagang kaki lima diharapkan dapat membantu petugas dengan meletakan sampah di tempat-tempat yang telah disediakan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji di Jakarta Pusat, Jumat.

Guna membersihkan sampah sisa perayaan pada malam pergantian tahun, pemerintah provinsi akan mengerahkan 6.800 personel Satuan Tugas Kebersihan dengan dukungan petugas Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan sejak Senin sore (31/12) sampai Selasa pagi (1/1) ke pusat-pusat keramaian di seluruh penjuru wilayah.

"Tidak hanya di tempat-tempat acara utama Ibu Kota, setiap kampung di Jakarta juga biasanya menggelar perayaan, baik acara hiburan, istighosah, zikir akbar ataupun doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya," kata Isnawa.

Pada malam pergantian tahun, akan ada acara di Jalan MH Thamrin, kawasan Monumen Nasional (Monas), Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan Benjamin Sueb Kemayoran dan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta Pusat; sementara di Jakarta Selatan acara perayaan akan berlangsung di Kawasan Setu Babakan, Kemang Raya, Kuningan Epicentrum dan Ragunan.

Kawasan Kota Tua, Mangga Besar, serta area sekitar Kantor Wali Kota Jakarta Barat dan Perkantoran CNI di Jakarta Barat; Kawasan Danau Sunter, Kelapa Gading dan Ancol di Jakarta Utara; serta Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Masjid At-Tin dan sekitaran kantor Wali Kota Jakarta Timur juga akan menjadi tempat penyelenggaraan acara.

"Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik," kata Isnawa.

Guna mendukung operasi kebersihan itu, Dinas Lingkungan Hidup akan mengerahkan 100 kendaraan angkut sampah, 50 mobil penyapu jalan otomatis, 42 kendaraan pikap lintas, dan 25 bus toilet selain menaruh tempat-tempat sampah di pusat-pusat keramaian.

Baca juga: Jakarta kerahkan 6.800 petugas kebersihan pada malam Tahun Baru
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018