Depok (ANTARA News) - Pembangunan alun-alun Kota Depok, Jawa Barat untuk tahap pertama yang berlokasi di area Grand Depok City (GDC) Cilodong telah mencapai 98 persen.

Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Suwandi, di Depok,Jumat mengatakan, pada pembangunan tahap pertama terdapat beberapa infrastruktur yang telah selesai dibangun. 

Ia mencontohkan yang sudah selesai pembangunannya adalah gedung pengelola, tribun penonton, lapangan basket dan futsal, wall climbing, jogging track, arena sepeda, arena skate board, mushala, dan outdoor gym.

"Saat ini hanya tinggal merapikan saja. Kita menargetkan pembangunan tahap awal ini selesai pada Februari 2019," kata Suwandi.

Dia mengatakan, meskipun saat ini beberapa infrastruktur di alun-alun yang memiliki luas 3,6 hektare tersebut telah rampung, tetapi belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebab, pihaknya akan membentuk pengelola terlebih dahulu yang bertugas mengatur tata tertib dan ketentuan penggunaan alun-alun tersebut.

"Jadi, kita akan membentuk pengelolanya terlebih dulu, baru setelah itu bisa dioperasikan," ujar Suwandi.

Dia mengemukakan, pembangunan alun-alun tahap kedua rencananya dilakukan pada April 2019 setelah melalui proses lelang. Dalam pembangunan tahap kedua nanti, terdapat beberapa infrastruktur yang menjadi prioritas.

Di antaranya, pintu masuk utama, area penurunan penumpang, shelter bus, dinding mural, parkir pengelola, jembatan utama, dan kolam retensi.

Kemudian, ada panggung terapung, tempat duduk-duduk, lapangan terbuka hijau, pendopo, taman bermain anak, taman lansia, galeri UMKM, dan menara pandang.

Baca juga: Masyarakat Depok antusias sambut terminal terpadu
Baca juga: Pemkot Depok gelar Festival Kampung Budaya

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019