counter

Debat Capres

Aktivis: capres tidak menguasai masalah lingkungan hidup

Aktivis: capres tidak menguasai masalah lingkungan hidup

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) saling memberi salam seusai debat capres 2019 disaksikan moderator di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta (ANTARA News) - Koordinator Simpul Jaringan Pantau Gambut Teguh Masbro mengatakan calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak begitu menguasai persoalan lingkungan hidup saat ini.

"Kedua kandidat ini sama-sama mencari aman dan tidak menguasai persoalan lingkungan hidup yang diamanatkan dalam pasal 28 H dan pembangunan berwawasan lingkungan di pasal 33 UUD 1945," katanya saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu.

Teguh menuturkan baik capres Jokowi dan Prabowo perlu memberikan strategi yang jelas dan cara mengukurnya seperti swasembada pangan mengingat impor dilakukan pada tujuh sumber pangan pokok dan masalah lingkungan hidup, termasuk konflik agraria.

Dia menyayangkan kurangnya elaborasi dan strategi baru dari dua capres tersebut.

Dia juga mengatakan pada awal Prabowo telah mengatakan bahwa lingkungan hidup menjadi inti masalah, namun tidak mengelaborasi secara rinci.

"Kalau inti masalah, seharusnya kan ini bahas secara lebih tajam caranya seperti apa mengukurnya seperti apa," ujarnya.

Begitu juga dengan biodiesel, katanya, seharusnya perlu disampaikan pengembangan ke depan karena implikasinya akan terjadi keragaman monokultur dalam skala besar.

Baca juga: Kepala Bappenas: Debat kedua lebih sentuh masalah substansial
Baca juga: Jokowi: Menjaga keseimbangan harga pangan sulit
Baca juga: Peneliti: Capres tidak menyinggung masalah perubahan iklim

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar