Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menyiapkan dana sebesar Rp2,3 triliun dalam menghadapi Lebaran tahun ini.

"Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyambut Idul Fitri 1440 H, Bank Indonesia Sulawesi Utara menyediakan uang kartal sebesar Rp2,3 triliun," kata Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia Sulut, Haratua Panggabean di Manado, Senin.

Jumlah tersebut, katanya, untuk tiga provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara. Khusus untuk Sulawesi Utara, jumlahnya sekitar Rp1,5 triliun.

Ia mengatakan, kegiatan penukaran uang meliputi penukaran uang rupiah dengan pecahan besar ke pecahan kecil dan penukaran uang yang lusuh.

Penukaran uang bersama Bank Indonesia Sulawesi Utara dan perbankan di Manado menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, secara resmi dimulai Senin (20/05).

Tahun ini, perbankan di Sulut membuka 114 titik penukaran uang di seluruh wilayah Sulawesi Utara.

Dia mengatakan, penukaran uang tahun ini memang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya karena membuka di tempat-tempat keramaian.

“Kali ini, penukaran uang tidak hanya dilakukan di kantor BI lama dan kantor cabang utama perbankan, tapi juga membuka titik pelayanan di beberapa tempat strategis, kantor cabang pembantu di wilayah Sulawesi Utara sampai di daerah 3T, yaitu daerah terdepan, terluar dan tertinggal,” ujar Panggabean.

Untuk penukaran uang rusak, katanya, hanya dilakukan di kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut sesuai dengan ketentuan penggantian uang rusak Bank Indonesia.

Demi lancarnya penukaran uang, Panggabean mengatakan masyarakat sebaiknya memisahkan uang yang layak edar dan tidak layar edar, serta memisahkan uang tahun emisi yang baru dan lama.

“Dengan melakukan pemisahan tersebut akan mempercepat proses kegiatan penukaran yang lancar dan cepat,” katanya.

Ia berharap penukaran uang ini dapat memberikan manfaat dalam memenuhi kebutuhan uang di masyarakat.
Penukaran uang di gedung lama Bank Indonesia dan kantor perbankan dibuka tanggal 20-29 Mei 2019.

Baca juga: Permintaan uang kartal selama libur Lebaran di Sulut capai Rp2 triliun
Baca juga: BI-Perbankan Gorontalo siap layani penukaran uang pecahan kecil
Baca juga: Kas keliling BI Maluku Utara layani penukaran uang

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019