Kami berharap kedepannya akan ada lebih banyak instansi lain yang memberikan bantuan bermanfaat
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima bantuan hibah berupa empat unit truk sampah dari kalangan pengusaha Taiwan di Indonesia yang tergabung dalam Taipei Economic and Trade Office (TETO).

Empat truk senilai 100.000 dolar AS itu diberikan langsung oleh Kepala Perwakilan TETO untuk Indonesia Chang Liang Jen dan diterima oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di kantor Dinas Kebersihan DKI di Cililitan, Jakarta Timur.

"Kami berharap kedepannya akan ada lebih banyak instansi lain yang memberikan bantuan bermanfaat. Dengan adanya bantuan ini, saya yakin kita bisa menanggulangi masalah sampah di Jakarta," kata Basuki di Cililitan, Jakarta Timur, Jumat.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, bantuan tersebut terdiri atas dua truk angkutan sampah (arm roll) dan dua truk pembersih. Keempat truk itu akan segera dioperasikan untuk menyelesaikan persoalan sampah di Ibu Kota.

Sementara itu, Kepala Perwakilan TETO untuk Indonesia Chang Liang Jen mengatakan hibah truk itu diberikan kepada Pemprov DKI agar lebih maksimal mengatasi sampah, terlebih saat musim hujan.

"Ini merupakan wujud persahabatan antara TETO dengan Indonesia, terutama Pemprov DKI Jakarta. Apalagi, saat ini ada banyak sekali perusahaan Taiwan yang beroperasi di Indonesia," ujar Chang.

Rencananya, TETO akan memberikan hibah truk sebanyak 53 unit. Saat ini diberikan empat, dan sisanya akan diberikan secara bertahap.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebersihan DKI Saptastri Ediningtyas menuturkan truk sampah yang dimiliki saat ini berjumlah 733 unit. Akan tetapi, yang layak beroperasi hanya 280 unit, sedangkan sisanya sudah tak laik operasi karena usianya lebih dari 10 tahun.

"Idealnya, usia kendaraan itu di bawah delapan tahun. Oleh karena itu, tahun ini kita berencana menambah sebanyak 132 unit truk sampah dan juga melakukan peremajaan terhadap 132 unit truk sampah yang ada," tutur perempuan yang akrab disapa Tyas itu.

Dia pun menargetkan pada 2016, Dinas Kebersihan DKI memiliki sebanyak 733 armada truk sampah yang benar-benar laik operasi.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014