New York (ANTARA News) - Gregg Popovich dari San Antonio Spurs terpilih sebagai Pelatih Terbaik NBA untuk tahun ini, yang membuat dirinya telah memenangi penghargaan tersebut sebanyak tiga kali, demikian diumumkan oleh NBA pada Selasa.

Spurs di bawah asuhan Popovich mencatatkan rekor terbaik yang 62-20 untuk mengamankan keuntungan bermain kandang sepanjang pasca musim, ketika ia mengklaim penghargaan pelatih itu untuk kedua kalinya dalam tiga musim, dan membuat ia bergabung dengan Don Nelson dan Pat Riley sebagai sosok yang telah menerima penghargaan tersebut sebanyak tiga kali, lapor Reuters.

Setelah membawa Spurs kepada musim penuh kesuksesan ke-15nya dengan 50 atau lebih banyak kemenangan, Popovich total mengumpulkan 380 angka, termasuk 59 suara peringkat pertama, dari panel yang berisi 124 pewarta olahraga dari AS dan Kanada.

Pelatih Phoenix Suns Jeff Hornacek berada di peringkat kedua pada pemungutan suara dengan 339 angka, termasuk 37 suara peringkat pertama, diikuti oleh Tom Thibodeau dari Chicago BUlls, yang mendulang 159 angka.

Spurs, yang menjadi model konsistensi di bawah Popovich, merupakan satu-satunya tim yang mencatatkan rekor 30 kemenangan di kandang (32-9), dan tandang (30-11), setelah mereka bangkit dari kekalahan di seri "tujuh pertandingan" melawan Miami Heat pada final NBA musim lalu.

San Antonio memimpin NBA dengan selisih nilai per pertandingan yakni 7,8 dengan rata-rata 105,4 angka per pertandingan sedangkan kemasukan 97,6, dan mencatatkan 19 kemenangan beruntun yang mengunci laju kemenangan terpanjang peringkat kelima di NBA.

Popovich mengasuh tim yang seimbang, dengan point guard Prancis Tony Parker memimpin tim dengan rata-rata 16,7 raihan angka dan 29,4 menit per pertandingan.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014